Museum Asia-Afrika

Siapa tak kenal gedung merdeka, gedung bersejarah yang terletak di pusat Kota Bandung. Saya sendiri selama 22 tahun tinggal di Bandung baru pertama kali masuk ke dalam gedung ini. Tepatnya beberapa minggu lalu ketika diselenggarakan acara INDONESIA PHOTOWEEK 2008.  Saat itu saya mengikuti lomba foto arsitektur gedung merdeka.

ini coba dluTapi sayang seribu sayang, foto-foto yang saya kirim nggak ada yang terpilih untuk menjadi salah satu pemenangnya,haha. Jadi, daripada foto-foto hasil jepretan saya jadi jamuran di folder, mending di publish disini aja.

Gedung Merdeka yang terletak di Jalan Asia Afrika Nomor 65 Bandung, dibangun pertama kali pada tahun 1895 sebagai tempat berkumpulnya orang-orang Eropa, terutama Belanda, yang tinggal di Bandung dan sekitarnya…

img_6979

Bangunan ini berada di sudut jalan Asia Afrika dan Braga. Sisi sebelah kanannya berdekatan dengan kali Cikapundung. Bila jalan-jalan di sepanjang trotoar di jalan Asia Afrika ini, suasananya cukup sejuk, karena banyak ditumbuhi pohon-pohon rindang.

ruang-konferensi

Ruang Konferensi

Gedung ini menjadi terkenal di mancanegara setelah berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada tahun  1955. Sejarahnya dahulu, pada tahun 1954 pemerintah mengeluarkan keputusan pemerintah Indonesia yang menetapkan Bandung sebagai tempat Konferensi Asia Afrika, maka Gedung Merdeka yang dulu disebut gedung Societeit Concordia ini terpilih sebagai tempat berlangsungnya konferensi.

MiniaturMiniatur Konferensi Asia Afrika

Patung Bung KarnoPatung Bung Karno

Bola DuniaBola dunia Raksasa

Bendera

Koleksi Bendera-bendera negara

Di dalam gedung ini terdapat Museum Konferensi Asia Afrika memiliki ruang pameran yang memamerkan sejumlah koleksi berupa benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter. Misalnya bola dunia raksasa, miniatur ruang konferensi dengan patung-patung para petinggi Asia Afrika yang mirip dengan aslinya, bendera-bendera negara, dan masih banyak lagi.

Eksterior Gedung merdekaEksterior Gedung Merdeka

tiang tiang

Jadi kalau berkunjung ke Bandung, jangan lupa mampir ke Gedung Merdeka dan Museum Asia Afrika (Haha..kayak closing acara kuliner di TV:p). Kita bisa memanjakan mata dengan koleksi-koleksi bersejarah yang ada di dalam gedung indah nan megah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s