Pariwisata di Pulau Belitung

Pulau Belitung adalah bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Pulau ini sering juga disebut Pulau Billiton. Saya juga pernah mendengar legenda mengenai pulai ini, dimana disebutkan Pulau Belitung adalah Pulau Bali yang terpotong. Terlepas dari kebenarannya, betul sekali jka Pulau ini memliliki karakteristik pantai dan keindahan seperti halnya di Pulau Bali yang sudah jauh lebih dulu terkenal sampai ke mancanegara.

Sisi buruknya dari pulau ini adalah alam pulau Belitung telah dirusak dengan terus menerusnya dilakukan eksplorasi terhadap bahan tambang yang menjadi primadona pulai ini, yaitu Timah. Jika kita mendatangi pulau ini dengan menggunakan pesawat terbang, akan terlihat dari ata adanya lubang-lubang besar bekas penambangan timah yang ditinggalkan begitu saja.

Namun terlepas dari itu semua, Pulau belitung masih punya pantai-pantai yang indah. Pantai-pantai di pesisir Belitung dikenal memiliki pasir yang putih dan landai. Batu-batu granit besar yang menghampar disejumlah pantai, juga menjadi hiasan alam yang indah. Berikut ini sejumlah wisata yang bisa dinikmati di pulau ini :

Wisata Bahari

Tanjung Klayang
Pantai Tanjung Klayang punya pasir putih dan air laut yang jernih. Diambil pada tahun 2007, gelaran Sail Indonesia 2007. (Foto : Lydia O Anjelia)

Pantai Tanjung Kelayang yang ada di Kecamatan Sijuk memiliki hamparan pasir putih dan laut yang tenang. Sejak tahun 2007 lalu, pantai ini menjadi tempat yang dikunjungi oleh sejumlah wisatawan dari mancanegara. Setiap tahun, seringkali diadakan Sail Indonesia, dimana serombongan kapal layar, berlayar dari samudera Indonesia dan singgah di kepulauan nusantara, termasuk Pulau belitung.

Selain pantai Tajung Kelayang, ada pula Pantai Tanjung Tinggi yang jaraknya 31 KM dari pusat Kota Tanjung Pandan. Pantai yang dijadikan tempat syuting Laskar Pelangi ini memiliki batu granit besar setinggi 15 meter yang tersusun menghiasi area pantai. “Menakjubkan” adalah satu kata yang bisa saya berikan untuk menggambarkan keindahan pantai ini.

Diantara bebatuan granit besar di sekitar Pantai Tanjungtinggi, Belitung. (Foto:Maret.P)
Saya ketika Berenang di Pantai Tanjung Tinggi. Air nan jernih dan menyegarkan di tengah panasnya sinar matahari. So Amazing! (Foto:Maret P)

Masih banyak lagi pantai yang bisa ditemui di Pulau ini. Di kecamatan Sijuk, Belitung ada juga pantai Panyaeran yang berjarak 34 KM dari Tanjungpandan. Pantai ini juga katanya sangat indah. Berpasir putih dengan garis pantai yang landai. Cukup bagus untuk kegiatan suiseki, karena banyak terdapat batuan unik dan kerang laut.

Barangkali waktu sehari tak cukup untuk berwisata di pulau ini. Jangan lupa juga untuk singgah di Bukit Berahu, sebuah resort yang berlokasi di Desa Tanjung Binga, Sijuk. Jaraknya sekitar 18 KM dari Tanjungpandan yang bisa ditempuh dengan hanya 15 menir perjalanan. Bukit berahu dilengkapi dengan kolam renang, cottage, dan restoran yang dibangun diatas bukit kecil di tepi laut. Jadi, selagi menikmati hidangan di restoran, kita juga bisa menikmati panorama pesisir pantai yang sedap dipandang mata.

Tak jauh dari Bukit Berahu, ada juga Desa Neayan Tanjung Binga. Selain tempat pengolahan hasil laut, desa ini adalah tempat  yang tepat untuk orang-orang tyang mempunyai hobi memancing. Banyak lokasi pulau di sekitar desa nelayan yang bisa dijadikan tempat untuk menyalurkan hobi tersebut.

Panorama wisata bahari juga bisa disaksikan di dekat pusat Kota Tanjungpandan. Ada sebuah pantai yang selalu ramai dikunjungi baik itu oleh warga setempat bahkan wisatawan. Namanya pantai Tanjungpendam. Pantai ini cocok untuk rekreasi keluarga karena dilengkapi fasilitas bermain untuk anak-anak. Bisa juga menyaksikan pemandangan alam saat matahari tenggelam. Tempat ini juga sangat menyenangkan.

Ada pula obyek wisata Pulau burung. Kenapa dinamakan pulau burung? karena ada bongkahan batu  besar berbentuk paruh burung. Letaknya di lepas pantai Tanjung Binga. Lalu, ada pula Pantai Lubang di Kecamatan Membalong. Pantai ini dikenal dengan laut yang bening dan berpasir putih, sehingga cocok untuk tempat berenang dan menyelam. Juga ada bebatuan granit sama seperti yang ada di Pulau Tanjungtinggi yang menambah keindahan pantai.

Selain Pantai Batu Lubang, di Membalong juga ada Pantai teluk Gembira yang letaknya berhadpan langsung dengan Pulau Seliu. Tempat ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya di Belitung. Setiap harinya, terlihat perahu nelayan yang lalu lalang di sekitar perairan pantai.

Masih begitu banyak pantai yang ada di sekeliling Pulau ini. Bukan hanya wisata bahari yang menjadi potensi wisata yang ada di pulau ini. Masih ada wisata lainnya seperti wisata desa dan pegunungan, wisata budaya, sampai wisata kuliner yang bisa dinikmati di pulau ini.

Iklan

2 thoughts on “Pariwisata di Pulau Belitung

  1. Wow,liburan yang mengayikan.Saya pun mengakui akan keindaha alama pulau belitung.Terimakasih atas postingnya,nanti coba main lagi ke belitung,salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s