Bangka Belitung Exotic

Replika Batu Satam
Pusat Kota Tanjung Pandan, Belitung – Replika Batu Satam (Foto: Lydia Okva Anjelia)

Bangka Belitung, namanya menjadi terkenal seiring dengan munculnya buku dan film Laskar Pelangi karya putra asli Belitung – Andrea Hirata. Namun sebelumnya, seringkali ada pertanyaan mengenai dimana letak ke dua pulau tersebut?

bangkabelitung

Saat melihat Peta Indonesia, Sering kali kedua pulau ini lepas dari pandangan kita.. Karena memang saat duduk di Sekolah Dasar dulu, kita hanya diajarkan bahwa Indonesia punya 5 pulau besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Irian Jaya.

Bangka-Belitung terdiri dari dua pulau besar yang terletak di antara Pulau Sumatera dan Kalimantan. Pulau yang dulunya bergabung dengan provinsi Sumatera Selatan ini pada tahun 2000 menjadi provinsi baru yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bersama Provinsi Banten dan Gorontalo. Menurut data geografis, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempunyai luas wilayah : 81.724, 54 km2 yang terdiri dari luas daratan Pulau bangka seluas 16.423,540 km2 atau 20,10% dari luas Provinsi dan daratan pulau Belitung 11.534,14 km2. Sementara  itu luas perairan 65.301 km2 atau 79,90% dari luas Provinsi dengan pulau besar sebanyak 2 pulau dan pulau kecil sebanyak 950 pulau.

Dari 2 pulau kecil ini saja, ada 950 pulau kecil didalamnya. Ini membutikan begitu kaya-nya Indonesia kita tercinta. Tentunya menarik untuk diketahui, di pulau ini juga banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi. Pulau Bangka dan Belitung terkenal dengan keindahan pantainya. pada umumnya pantai di Bangka dan Belitung berpasir putih dan halus dan ada juga yang berwarna kuning keemasan seperti bulir padi.

Pantainya landai dengan ombak lumayan besar dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik dan indah. beberapa pantai yang terkenal di pulau bangka (Sumber : wikipedia) antara lain :

  • Pantai Parai Tenggiri
  • Pantai Matras
  • Pantai Tanjung Pesona
  • Pantai Rebo
  • Pantai Batu Berdaun
  • Pantai Pasir Padi
  • Pantai Tanjung Ru Sadai,Bangka Selatan
  • Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan
  • Pantai Gunung Namak, Bangka Selatan

Khusus Pulau Belitung merupakan pulau yang indah dengan pasir putih, pemandangan unik dengan pantai pasir putih yang asli dihiasi oleh batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dan dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Salah satu pantai terbaik dan unik di Indonesia seperti:

  • Tanjung Kelayang
  • Tanjung Binga
  • Tanjung Tinggi
  • Pulau Lengkuas
  • Pantai Punai
  • Pantai Tanjung Pendam

Selain objek wisata pantai terdapat juga obyek wisata lainnya antara lain

  • Pesanggrahan Bung Karno Bukit Menumbing
  • Wisma Ranggam Mentok
  • Museum Timah Pangkalpinang
  • Mesjid Jami’ Pangkalpinang
  • Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong
  • Taman Pha Kak Liang di Belinyu
  • Kolam Pemandian Air Panas di Pemali
  • Vihara Dewi Kuan Im di Sungailiat
  • Lokasi Film Laskar Pelangi di Gantung

Begitu banyak lokasi wisata di Pulau ini. Beberapa tempat yang telah saya kunjungi adalah Pantai Matras, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Pasir Padi,Tanjung Kelayang,Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Pendam, Kolam Pemandian Air Panas di Pemali, dan Lokasi Film Laskar Pelangi di Gantung.

Mungkin tempat-tempat lainnya akan saya kunjungi nanti bersama keluarga besar yang memang berdomisili di pulau ini. Tapi untuk Anda, orang luar pulau yang ingin berwisata disini, saat ini telah banyak paket wisata yang cukup bervariasi. Selamat mencoba keindahan pulau Belitung!

LIHAT JUGA > Ternyata Pulau Kalamoa

Iklan

16 thoughts on “Bangka Belitung Exotic

  1. mbak lydiaokvaanjelia,

    saat ini menjadi warga bandung ya?

    bersyukur saya sudah pernah singgah di pulau bangka, namun belum banyak yang difoto sehingga nggak banyak yang bisa di-share di site saya.

    salam,
    AW

  2. Salam, mas Agus
    Kebetulan saya memang domisili di Bandung.. cuma orang tua aja yg tinggal di pulau Bangka… Jadinya saya juga cukup sering main kesana… Saya udah main ke multiplynya.. banyak sekali tempat2 yg pernah mas Agus datangi yaa…. Kapan2 kalo ke Bangka atau ke Bandung jangan lupa banyak ambil gambar.. Indonesia memang kaya akan tempat-tempat yg indah.. 😀

  3. “Sebelumnya makasih sudah mengulas tenteng bangka,karena saya sendiri belum begitu paham dgn pulau yang saya tinggal sekarang.saya asli bangka tapi di besarkan di luar bangka.
    masih banyak objek wisata yang masih alami dan peninggalan-peninggalan sejarah yang belum di publikasi.semoga kedepan nya bangkabelitung semakin maju

  4. AWW. Maaf, mau tanya, berapa rata-rata biaya kos-2an rumah sederhana di daerah Koba?
    Soalnya ada ponakan saya yang belum 1 bulan lamanya baru mulai kerja dikontrak sebagai drh oleh dinas peternakan/pertanian Pemda Koba, sementara selama ini ia ‘ngelajo’ dari Kurau (katanya 60 an km jaraknya dari Koba)? Akhir2 ini ia terpaksa bermalam di Koba karena ‘lembur’ menghadapi acara 17an nanti. Ada tawaran kontrakan di perumahan 2 kamar, dan kontraknya Rp. 5jt/th. Kalau beli motor second rasanya kok repot ngejualnya kembali kontraknya cuma 6 bulan, sementara kalau nebeng-nebeng nginap di masjid, takut keamanan barang2nya. Maklum, pendatang baru belum banyak kenalan. Bingung cari solusina… TQ. WWW.

  5. Salam kenal. Mbak ini asli bangka atau bukan?? Kalo kita asli bangka..
    Terima kasih sudah mengulas tentang bangka belitung yang kebanyakan orang dipulau Jawa bertanya-tanya “dimana bangka belitung itu”.. Sungguh Tragis saya mendengar kata-kata itu..
    😥

  6. belitung yang sangat indah dan mempesona membuat mata enggan berkedip jika kita berwisata di belitung, dengan alam yang indah dan biota laut yang sangat bagus.

  7. Salam mba dari anak anak Tidung.., saya sendiri juga pernah ke belitung, maklum biasa di tidung saya juga mau coba pantai disana..
    dan luar biasanya pantai Belitung memang cantik…
    kapan – kapan main mba ke Tidung ya..

    Salam Kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s