Kuliah di Broadcast & Jurnalistik

Setiap hari otak dan pikiran kita terus disuguhi dengan berbagai peristiwa atau kejadian di dunia yang dapat dengan mudah kita dapatkan melalui media televisi, radio, dan berbagai media massa lainnya. Berita mengenai bencana angin tornado di Amerika, perang Irak yang tiada akhir, atau berita politik di Indonesia yang semakin carut marut dapat kita peroleh dengan mudah dari media massa. Tapi, siapakah orang-orang yang paling penting dalam kejadian-kejadian tersebut? Adalah para pekerja media; wartawan, reporter, pembaca berita, dan berbagai unsur lainnya. Tampil di layar televisi sambil menyampaikan kejadian yang sedang terjadi kepada para pemirsanya merupakan tugas yang terlihat menyenangkan, tapi juga tidak mudah. Walaupun begitu, ternyata tidak sedikit orang yang ingin mendalami bidang ini. Bidang broadcasting, yang pernah saya alami saat saya masih duduk di bangku SMA. Mendengar penyiar radio favorite saya di gelombang radio kesayangan, juga menonton penyiar berita di TV. Ketika itu saya berpikir, saya ingin seperti mereka. Akhirnya saya memutuskan untuk kuliah di bidang broadcasting dan meneruskannya di bidang jurnalistik.

Kuliah pada kedua bidang ini merupakan pengalaman yang berharga bagi saya. Namun, saya sempat berpikir, untuk apa ya kuliah di jurusan broadcating atau jurnalistik selama bertahun-tahun jika semua orang dari berbagai kalangan, jurusan/bidang studi bisa jadi wartawan? Padahal sebetulnya dengan mengikuti training dalam periode tertentu saja, seseorang sudah bisa mendapatkan ilmu dan pelatihan menjadi seorang wartawan. Jadi, untuk apa saya kuliah 3 tahun di bidang broadcasting dan 2 tahun di bidang jurnalistik?

Pernyataan negatif itu memang sempat ada di pikiran saya. Tapi saya tidak pernah menyesali hal itu. Memang banyak kelebihan, keuntungan, dan pengalaman bagi orang-orang yang studi pada bidang ini, yang tentunya tidak didapat bagi orang lain. Saat kuliah di jurusan Broadcasting saya banyak mendapatkan mata kuliah seperti Announcing, Komunikasi Massa, Manajemen media elektronika, Pengatar jurnalisme, Pemulisan naskah siaran dan masih banyak lagi. Bahkan saya banyak belajar dan dilatih bagaimana teknik wawancara, reportase, membuat iklan, feature dan documentary, talk show, dan masih banyak lagi. Tentu saja yang saya dapat tidak hanya sekedar teori-teori yang disampaikan di kelas tapi juga disertai dengan berbagai praktik. Pengalaman yang menyenangkan misalnya saat membuat sebuah siaran radio dan televisi. Dimana kami semua – mahasiswa broadcasting, bekerja sama dalam sebuah tim dan berperan sebagai pekerja media. Bekerja dalam sebuah struktur yang dikelola bersama.

Praktek Jurnalisme televisi, Jatinagor
Praktik Jurnalisme televisi, Jatinagor (Broadcasting, Fikom Unpad)

Praktik Kerja Lapangan/Job Training

Ada satu mata kuliah atau kegiatan yang wajib dilikutin mahasiswa pada saat semester akhir sebelum akhirnya laporan dari praktik kerja ini menjadi bahan untuk kita membuat Tugas Akhir (TA). Istilah-nya beda2. Ada yang namanya “PKL”, Praktik Kerja”, “Magang”,“KP” dan ada Istilah yang rada kerenan lagi, yaitu “Job Training”. Kesemuanya itu punya arti yang sama yaitu sebuah penugasan bagi mahasiswa pada sebuah Instansi selama kurun waktu tertentu, yang bertujuan agar mahasiswa mendapat pengalaman dan pengetahuan dalam dunia kerja. Tips saat sedang melakukan PKL, bawa diri dengan baik, kerjakan perintah atau tugas dengan sebaik-baiknya, jaga sikap, disiplin dan menciptakan “Impresi” yang baik dimata banyak orang  bisa jadi bekal kita kedepan.

Sidang Tugas Akhir dan Wisuda

Ketika yudisium, bersama puluhan teman lainnya, mengikuti sidang tugas akhir (TA).

Kuliah broadcasting apalagi program Diploma III tentu ada tugas akhir yang harus diselesaikan di akhir semester. Tugas akhir ini merupakan laporan dari praktik kerja kita selama job training di media. Nantinya kita juga diberikan dosen pembimbing layaknya skripsi. Setelah proses yang telah di lalui dalam pengerjaan TA, tentunya tahap akhir adalah “sidang”. Beberapa dosen penguji nantinya akan meminta pertanggungjawaban atas TA yang telah kita kerjakan. Pada hari itu juga tentu akan langsung diumukan yudisium yang menentukan lulus tidaknya kita dan berhak mendapatkan gelar A.md. Tahap akhir dari perkuliahan selama 3 tahun tersebut tentunya di akhiri dengan prosesi wisuda.

Kuliah di Jurusan Jurnalistik

Selanjutnya saya melanjutkan studi saya untuk mengambil gelar Sarjana (S1) di jurusan jurnalistik, Fikom Unpad. Sama halnya dengan broadcasting, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa disini. Saya banyak mempelajari segala hal tentang dunia jurnalistik, Teori juga praktik. Misalnya seperti mempelajari bahasa jurnalistik, bagaimana membuat feature yang bernilai dan enak untuk dibaca dan bagaimana membuat pelaporan mendalam.

Selain itu yang juga menyenangkan adalah praktik jurnalisme foto dimana melatih kami menjadi seorang wartawan foto yang peka terhadap keadaan sekitar sehingga mendapatkan hasil foto jurnalistik yang bernilai, kami  juga memepelajari hukum etika pers yang kami jadikan pedoman dalam proses jurnalistik.

Ada juga beberapa kegiatan yang difasilitasi pihak kampus, yaitu studi tour ke sejumlah media massa. Berikut foto-foto kegiatan ketika studi tour ke Kantor TV One Jakarta.

Saat Studi Tour ke Kantor TV One, Jakarta (30/04/08)
Saat Studi Tour ke Kantor TV One, Jakarta (30/04/08)
Berlagak sebagai presenter berita TV, Saat studi tour ke Studio TV One, Jakarta.
Berlagak sebagai presenter berita TV, Saat studi tour ke Studio TV One, Jakarta (30/04/08).

Selain di D3, program S1 pun mewajibkan mahasiswa untuk melakukan praktik kerja di akhir semester. Setelah semua persyaratan seperti kelengkapan SKS (Sistem Kredit Semester), dan lainnya kemudian dilakukan pula skripsi, juga sidang yang terdiri dari sidang skripsi, dan sidang komphrehensif. Pada akhirnya, saya telah menyelesaikan Kuliah saya selama 3 tahun di jurusan broadcasting dan 2 tahun di jurusan jurnalistik. Setelah melalui proses pembelajaran yang cukup panjang tersebut tentu saja harapan saya bisa menjadi seorang pekerja media. Bagi Anda yang ingin menjadi pekerja media, memang tidak ada salahnya belajar di jurusan ini. Mendalami dunia broadcasting dan jurnalistik seutuhnya. ***

Iklan

284 Comments Add yours

  1. dhani berkata:

    Buat kamu sukses yaaa…moga cita2mu tercapai dengan sempurna atas perjuanganmu selama ini. Moga dari ilmu dan pengalaman2 yg u dpt-kan bisa membawa perubahan yg lebih baik!Amiin…!!!
    ingat…PENGETAHUAN ADALAH KEKUATAN

  2. Lydia Anjelia berkata:

    Aminnn (-.-)… uhuhu.. Thanks Om…^^

  3. Rundee berkata:

    sometimes we’re close to the death…but sometimes we close for each other…hidup Journ ’07!!!Menjelang akhir masa2 kuliah bersama kalian…huks huks…:((

  4. Lydia Anjelia berkata:

    Huduuww..huff iyaa Ran… akhir2 masa kuliah seperti ini memang berat…. uhuhuhu :’(

  5. dhea berkata:

    wah. . .
    hebat.
    emank sek0lah br0adcastnya dimana?

  6. Lydia Anjelia berkata:

    wah malah bukan sekolah lg..tp kuliah..T.T 3 taun kul broadcast di Unpad Dhea…lama yahh heu

  7. Erwin berkata:

    saya, kalau tidak keberatan bagaimana saya harus kuliah di tempat saudara sambil praktek (dimana saya dapat bergabung)????

  8. Reta berkata:

    ehm, aq rada ragu untuk msuk jrsan jurnalis? kalau skolah jrsan jurnalis prospek krja gmna aja? jd editor ato krja di majalah bs ga?

  9. Lydia Anjelia berkata:

    hai Reta…. ikuti kata hati aja.. sebenernya untuk jadi jurnalis, editor, ato mw krja di majalah gak mesti sekolah dulu di jrusan jurnalistik….. skrg udah banyak pelatihan2 menulis, editing,dll yang ngga harus kuliah bertahun2 spt saya… tapi nilai lebih nya yang kuliah di jurnalistik, kita lebih terbiasa dengan praktik kegiatan jurnalistik secara lbih dalam..

  10. Lydia Anjelia berkata:

    kbetulan saya kuliahnya di Unpad Bandung. bisa cek aja di situsnya http://www.unpad.ac.id

  11. alfi zamilah berkata:

    mau tanya, apa untung ruginya ambil jur. broadcast???
    hmh, gmn prospek kedepannya??

  12. ardi berkata:

    saya jg jurusan komunikasi (jurnalistik) yang ada di kota palembang namun kmi tidak mempunyai kesempatan menjadi speperti anda, sya sangat ingin ke media-media khususnya televisi, kpingin bnyak tau tentang pnyiaran di TV.

  13. Fitria berkata:

    mo nanya nech…jurusan Broadcast yang bagus/favorit, ada di Univ apa ya ???
    Univ Swasta or Negri, lokasi Jakarta…
    Mohon info nya ya…

    Thanks

  14. indah berkata:

    waaaaaaaaww………….kbetulan aku lagi bingung neh mau kul jurusan apa………but, it seems nice…. 🙂

  15. aku pengen jadi jurnalistik..!!

    di mna kulia jurnal yang bagus?.!!!

    terus biya kulianya mahal nga?..!!!

  16. Lydia Anjelia berkata:

    hi.. untuk yg lokasinya di Jakarta, sya kurang tau banyak juga.. tp kalau gak salah, untuk Program D3 Broadcasting ada di UI. (apa udah dihapus yaa.. saya sendiri lupa) Trus kalau gak salah di Universitas Mercubuana juga ada. kalau yg di Bandung, banyak juga tempat pelatihan2 brodcasting. Kalau saya sendiri dulu kuliah di Program D3 Fikom Unpad. kalau mau tau info nya cek aja di http://www.unpad.ac.id atau http://www.fikom.unpad.ac.id

  17. Lydia Anjelia berkata:

    wahh kalau ditanya mana yang bagus sih relatif ya… tp kalo mw tau info D3 Broadcast Fikom Unpad yang ada di Bandung, bisa cek http://www.unpad.ac.id atau http://www.fikom.unpad.ac.id

  18. atika berkata:

    Hai qa’ aku baru lulusan tahun ini dan aku juga berminat untuk kuliah jurusan boardcast..
    sepertinya asik ya ..
    hehe ..
    qa’ ceritain dong susah senangnya ambil jurusan boardcast aku mau tau qa’ ???

    thanx 🙂

  19. Lydia Anjelia berkata:

    wahh kalo diceritain detailnyaa panjaang bangett.. ehehe
    tp yg pasti kalo km emang dari awalnya seneng dan pengen tau dunia brodcast, ntar bakalan enjoy kok….

  20. Lydia Anjelia berkata:

    Thanx.. Semoga bisa menginspirasi 😉

  21. Lydia Anjelia berkata:

    lokasi di Jakarta yg saya tau UI dan Mercubuana.. tp utk jelasnya coba cek di website masing-masing universitas… 😉 thx

  22. Lydia Anjelia berkata:

    hi ardi… ya itu dia.. mungkin kesempatan untuk masing2 org gak selalu sama.. media-media penyiaran kebayakan berpusat di ibu kota Jakarta. Sehingga, kesempatan di daerah-daerah akan sangat kecil. Tapi kenapa nggak untuk datang ke jakarta, cari tau segala proses produksinya. Misalnya bisa dengan cara magang dlm waktu beberapa bulan..

  23. Grahita Hema MD berkata:

    waaaahh..seruuu..
    sy jg br lulus SMA dan mau mlanjutkan kuliah d UNS,fakultas broadcasting..
    memang sejak SMP sy senang bgt dlm bidang broadcasting,,pernah jg jd penyiar rdio kmunitas,stlh SMA kbanyakan ikut kompetisi penyiar radio or pembaca berita,,yaa..itung” nambah pengalaman..hehehehe
    Maka’a sy ambl fak.broadcasting,spy sy bs lbh mmprdlm ilmu sy dan pngalaman sy dlm bid.Broadcasting..
    good luck ya mba…^,^

  24. Nita berkata:

    buat yang tanya kuliah broadcasting yang lokasinya di jakarta, UI aja.. aku juga di broadcasting UI, baru masuk nih tahun ini, hehe..

    oya, kak.. boleh minta nomor hp-nya g? barangkali nanti saya butuh bantuan kakak, mengingat kakak kan udah lebih berpengalaman di broadcasting sedangkan saya baru mau mulai, kalo kakak bersedia ngasih, ke email saya aja di: nsejatiningtyas90@gmail.com

    makasi ^^

  25. Nita berkata:

    buat yang tanya kuliah broadcasting yang lokasinya di jakarta, UI aja.. aku juga di broadcasting UI, baru masuk nih tahun ini, hehe..

    oya, kak.. boleh minta nomor hp-nya g? barangkali nanti saya butuh bantuan kakak, mengingat kakak kan udah lebih berpengalaman di broadcasting sedangkan saya baru mau mulai, kalo kakak bersedia ngasih, ke email saya aja di: nsejatiningtyas90@gmail.com

    terima kasih 🙂

  26. askiya berkata:

    thank’s for infrormations. it can help me to increaase my ability in broadcating knowledge dueto i am lecture in brodcasting class

  27. yani berkata:

    ka, mau tanya donk..
    aku skrg kelas 3 SMA.
    Nah, lagi bngung gtu milih jurusan.
    yaa mau nya sih nerusin d bdang jurnalistik ozt d bdang ntu aku udah punya cukup pengalaman.
    sejak kelas 2 SMA aku aktif jadi wartawan sekolah d salah satu koran junior d kota aku dan sering berkesmpatan jd penyiar radio juga.
    tapi yang jadi masalahnya bsa ga sih ka kalo kuliahnya lgsg S1 gak D3 dulu hehee maaf kalo pertnyaan’a konyol.
    terus d unpad biaya nya mahal ga?

  28. Lydia Anjelia berkata:

    Hi Yani.. Kelas 3 SMA nih..bingung sih wajar.. sekarang sih lebih baik kamu tentuin mateng2 dulu minat kamu kemana… kalo memang mau jadi wartawan ato terjun di bidang jurnalistik sih sebenernya gak mesti masuk kuliah di jurusan jurnalistik juga..karena orang2 dari berbagai ilmu pun pada dsarnya bisa terjun di bidang itu. Kecuali kalo memang kamu ada tujuan yang lebih mendalam untuk mempelajari jurnalistik, bisa itu mengarah ke penelitian atau pengembangan ilmu jurnalistik itu sendiri. semua ada di tangan kamu 😉

  29. Lydia Anjelia berkata:

    you’re welcome, Askiya.

  30. Lydia Anjelia berkata:

    Thanks Nita, udah mampir ke Blog ini,,
    iyaa temen2.. yg lagi cari tempat kuliah broadcasting di Jkt, di UI memang ada;) bisa tanya2 ke Nita tuh.. Thnks Nita

  31. rendi berkata:

    mau tanya donk.,kebetulan aku baru lulus d3., jurusan Teknik Informatika.,nah rencana saya ingin di teruskan s1 di FIKOM unpad jurnalistik..,kira2″ bisa gk yah Transformasi..kl bisa.kira2″ biyaya habis berapa.,and mata kuliahnya apa saja.,mhon pencerahannya.,stu lg apa ada Mt Kuliah Fotografi.,

  32. rendi berkata:

    fikom unpad.,., bukan di bndung yahh., di sumedang.,.mbak mau tanya donk.,
    mata kuliah di broadcasting apa azaa.,..terus prospek kerja nya bagaimana., . tell me y mbak.,Btw kerja dimana sekarang.,

  33. tania berkata:

    saya juga pengen nih kuliah di fikom..tapi pngen nya di jakarta..
    ada rekomendasi gak..?

  34. Indahon7 berkata:

    Q pengen kuliah di broadcast… tapi rata-rata kuliah broadcast mahal
    dimana ya ambil broadcast yang biayanya terjangkau????
    thanks ya

  35. mihye berkata:

    sugses yahhh 🙂

  36. trias berkata:

    susah g’ ngmbil jurusan jurnalistik………,aku pengen banget ngmbil jurusan jitu mbak.
    truz………apa aja persyatannya unt. msuk ke jurusan itu…..mkasih y mbak

  37. aniiey berkata:

    temen temen kasih tahu anie dung BROADCASTING yang ada di jogja …

  38. mega berkata:

    mbak boleh tanya gak
    biaya kuliah di broadcasting dari semester pertama sampai terakhir habis berapa za??????
    di bls di fb aku aja
    alamatnya
    mega_ayuw@yshoo.co.id

  39. puja berkata:

    KEBETULAN
    saya sih baru kelas 1 SMA
    tapi udah seneng bgt sm dunia jurnalist dan broadcast

    mau tau. peluang kerjanya apa aja sih?

  40. puja berkata:

    oh ya kalo ada informasi soal beasiswa broadcast tolong diinfokan ya?

    thnks before

  41. Siska berkata:

    mau tanya nih…………….
    akhir-akhir ini bingung banget mau nentuin jurusan….
    minat dan bakat sih di jurnalistik….
    tapi prospek kerja kedepannya gimana ya??/

  42. nisya berkata:

    q jg rencna mw ambil broadcast.
    tp q msh binggung mw ambil di univ ap?
    law boleh tw univ ap yg biaya nya terjangkau,
    kualitasnya ok

  43. yani berkata:

    mba mau tanya d jawab ya.
    kalo di fikom ada program beasiswanya gak?

  44. Retna Raib berkata:

    ahhhh! really excited with broadcast! 😉
    kaaaa, mau tanya dong. susah ga sih masuk broadcast unpad? itu di test dulu apa sesuai nilai2 rapot atau uan? thx kaa 🙂
    aku baru kls 3, insyaallah lulus tahun dpn. pgn bgt msk broadcast 🙂
    sukses ya kaaa! hihi
    kl bisa send nomer hp kaka yaaaa
    i want to know more hihi
    ke
    retna08@hotmail.com
    thx ka 🙂

  45. meli berkata:

    kak tanya donk………….
    saya tinggal di Padang Sumatera Barat… Gimna sih Cara Pendaftarannya Di Luar Kota ini……. biaya-biayanya gimna? ada beasiswa nya gak? thanks

  46. yenii berkata:

    mba, kalo kuliah di broadcast tu mata kuliah nya beda banget sama pelajaran SMA ya ? .
    aku pengen masuk broadcast tapi masi belum terlalu yakin juga nihh . enaknya gmana ya mba ? .

  47. riza berkata:

    eh ia saya mau tanya kalau jurnalistik itu kuliahnya gimana sih?
    misalnya tugas-tugas kampusnya disuruh buat apa aja?
    lebih enak mana jurnalistik atau broadcasting?

  48. vitry berkata:

    pngen kul d cana//////////

  49. reza berkata:

    ka aku bingung disuruh masuk negri n aku pengen masuk jurusasn broadcast tapi aku ga pinter2 amat pas2an lah istilahnya kira2 masuk ga yah ke neggri yg broadcast?
    peminatnya sebanyak manajement ga broadcast tuh kak?

  50. Avanty berkata:

    wah,,,,,,,,,,,,,
    hebat mba
    aku jg pgn bgt nih tahun ini kuL di UNPAD,,,,,,,,,,,,,,,
    aku skrg kls 3 sma……………
    aku mau kul di unpad fak.fikom jg mba.,………………..

    cita-cita yg mulia bgt ke UNPAd itu……………….
    I love dah UNPaD…………………………………

  51. Lydia Anjelia berkata:

    Haha gak sehebat ituu kok Avanty…
    biasa aja…
    Iyaa iyaa… ayo kul di Fikom Unpad…
    kalo gtu yg rajin yaa belajarnyaa… lulus UAN lulus SNMPTN

  52. Lydia Anjelia berkata:

    Reza, udah pesimis duluan nih. Sama kok, saya juga gak pinter-pinter amat. :p ayoo semangatt

  53. suci berkata:

    hai ak baru kelas 2 SMA ,tapi aku uda berminat pengen kuliah ke jurusan broadcast,tapi pengen di universitas negri dan langsung ngambill S1 kira” di bandung selain di unpad di mana lagi?..

  54. mori flora berkata:

    dii UI adaa khann fakultas broadcast..??

  55. Lydia Anjelia berkata:

    yg ada jurusan broadcast, Mori sayang…
    kalo di UI kalo gak salah masuk ke fakultas ilmu sosial politik..

  56. Lydia Anjelia berkata:

    broadcast biasanya ada di jenjang D3, Suci..
    banyak kok universitas negeri yg punya program studi broadcast.. UI, Unpad, UGM…

  57. Sandy penk berkata:

    Ka aq skrg klz 3Sma ,,,
    tujuan utama Kuliah di unpad jurusan manajemen k0munikasi atw broadcasting,,,
    c0z aq suka bgt d dunia perfileman…
    Apa lg klo jd cameramen, potografer dan jd editor pegn bgt .c0z bidang aq disitu …
    Tp yg jd kendala th biaya ,,,
    sma tkut ga msuk di unpad…
    .p0kokny tjuan utama K UNPAD titik…

  58. tika berkata:

    mba lidya, kalo kuliah di broadcast/jurnalistik harus punya pengalaman ya pas SMA nya? kalo ngga ada gimana?

  59. adhe berkata:

    mau nanya dooong
    kalo kuliah jurusan broadcast atau jurnalistik itu pas SMA-nya bagusnya jurusan apa? IPA atau IPS?
    terus, yang di unpad yang diterima dari jurusan apa? IPA atau IPS?
    aku kan pengen jadi reporter, kira-kira tepat gak kalo aku ambil jurusan ini? makasih 🙂

  60. faqih berkata:

    aku baru mau lulus SMA…aku pingin kuliah jurusan broadcast ney…
    kira kira dmn alamatnya,biaya brp,
    email:shadowofsorrowriki30@gmail.com

    mksh..hatur nuhun..sa teuacanna

  61. dewi nur cirebon berkata:

    saya masi kelas 2 SMA , pengen banget nanti klo kerja ada dibelakang layar acara tivi,misalnya kameramen,tim kreatif dll . itu kulnya di jurusan broadcasting kan ?
    yang bagus univ yang ada jur.broadcastingnya dimana ya ?

  62. Lydia Anjelia berkata:

    semogaa suksesss 😉

  63. Lydia Anjelia berkata:

    semua orang pertamanya juga belajar kok, Tika. Gak perlu takut karena ga punya pengalaman sebelumnya.

  64. Aku anak baik berkata:

    Mbak,saya boleh tanya? Apa bedanya jurusan broadcast sama jurnalistik? Apakah keduanya memiliki perbedaan yang mencolok atau hanya beda nama saja?

    Makasih

  65. Lydia Anjelia berkata:

    Tentu broadcast dan jurnalitik punya perbedaan. Di Jurusan broadcast kamu akan lebih mempelajari seperti apa itu media elektronik, seperti radio dan televisi. Sementara untuk jurnalistik, lebih diarahkan ke media cetak. Mata kuliahnya pun hanya beberapa yang sama.

  66. Afifah Rachmawati berkata:

    sukses ya buat kkak!
    aku pengen banget kayak kakak.
    do’ain buat aku juga ya kak!grazie:)

  67. Danis berkata:

    mbk apa bdany broadcas sama jurnalis? kLu jurnalis ak paham. coz ak ndiri wartawati yayasan skolah..

  68. Danis berkata:

    mbak pnyak facebook atw twitter gak? mntak dong!

  69. bagastoni berkata:

    kakak , saya mau minta saran ..
    kira2 fakultas negri yang bagus buat ambil broadcast dmn ya ?
    mohon infonya 🙂
    terima kasih 🙂

  70. Halida Milla berkata:

    qa.. aku lulusan tahun ini, sebenernya abiz lulus aq berminat kuliah fakultas broadcast. tapi aku belum ada pengalaman atau pengetahuan soal itu… kira-kira aku bisa ngga ya… n’ satu lagi kalau kuliah fakultas broadcast itu susah apa gampang.!!??!

  71. aulia berkata:

    mba, mw ty dunk,knpa mba ngambl d3 dlu trs mba ke s1/

  72. aulia berkata:

    mba blehkan sya minta almt FB’a?
    end mkash bgt krna blog mba m’bantu sya utuk mncari info tentg brdcst&journl,,dn mdh2 sya bsa menjd sepert mba,,,,,doa kan ea mba..
    thankkkk. good luck

  73. andi tabbu sassak berkata:

    uuuuuft jadiii pengen neee pa lagiiiii q seneng banget jurnalis ma brodcasting …… sampe q pernah ngerasa g’ mampu paz ada lomba enauunzer e udah daftar g’ jadi mulai q baca neee blok q termotivasiiiii

  74. dhany berkata:

    kalo jurusan broadcasting di palembang ada gx yah.?
    kalau ada di mana ya.?

  75. Veni berkata:

    Hii Lydia, aq Veni. Salam kenal ya!
    Aq mau share sama kamu and butuh bantuan juga, sekaligus nanya tentang beebrapa hal. Maaf ya sebelumnya, boleh aq tau email address kamu?

  76. teguh.cahya.gumilang berkata:

    ka aq berminat banget mau masuk jurusan broadcasting,,
    aq mau tanya qa.??klau masuknya di tes uji dllu gak kalu mau masuk jurusan broadcast di unpad,
    maaf qa ea nnya soal nya aq gak tau

  77. Novy berkata:

    Kak, aku baru kelas 2.. tapi aku excited banget pengen masuk broadcasting unpad tapi yang aku bingungin masalah biayanya.. biaya persemester sama uang gedung dll nya berapa yaa kak? Terus aku juga punya rencana pengen lanjut ke jurnalistiknya.. biaya persemester, uang gedung, dll berapa yaa kak?
    makasih kak =)

  78. alika berkata:

    hey, sebelumnya “Hajimemashite” dl ya sy Alika.

    hmm…

    sy baru jadi Mahasiswa IISIP jakarta ka Lidya,
    bolehkan kita sharing??

    lebih nyaman mana jadi seorang Jurnalism atau seorang broadcaster…?????
    terus keluhan apa aja sih di dunia Jurnalistik khususnya..?
    Ada gak hal yang pahit belajar Jurnalistik?
    saya pun D3 jurusan Jurnalistik.
    tapi Insyaallah jika saya sukses di IISIP, saya ingin lanjut ke UNPAD untuk Menjemput S1 saya.

    hehe saya minta doa dan jawabannya ya ka,,…
    trims…
    kunjungi blog saya di jurnalisitulis.blogspot.com ya ka, apakah saya udah ada basic atau belum , saya minta komentarnya sedikiiiiiittt aja,

  79. aiiu berkata:

    membuka pendaftar an 20011 kapan??

    ditunggu eah?!

    makasih.. 🙂

  80. eka berkata:

    kk kuliah jurusan ini ipa atau ips, soalnya aku mau bgt, tp aku jurusan ips? 😦

  81. Ibnu Yazid berkata:

    kalo mau masuk Broadcast & Jurnalistik itu IPA/IPS ?
    trus kalo fakultas Ilmu Komunikasi itu Broadcast bukan ? bingung niih .

  82. choerunnisa berkata:

    kakak .. maap masuk UI susah g ???

  83. ajeng berkata:

    kka,, mau tanya..
    jurusan broadcasting itu di Penyiaran? , Kehumasan ? , Periklanan ? atau Komunikasi Bisnis ?

    maap aku blum ngerti 😦

  84. ika berkata:

    kakak aku mau tanya apakah jurusan ilmu komunikasi jurnalistik prospek kerjanya hanya sebagai wartawan dan di media cetak saja..apakah lulusan jurnalistik tidak bisa bekerja di media elektronik,,

    soalnya saya berminat bekerja di tv stations tapi saya hanya berkesempatan mengambil jurusan ilmu komunikasi jurnalistik di salah satu univ swasta di bandung

    terimakasih ka sebelumnya..:)

  85. jeffry berkata:

    kk dmna saya bisa mengetahui lebih dalam bahkan terjun langsung melihat org agar cpt mengerti tentang jurusan broadcast dan apa yg terpenting di pelajari jika saya masuk jurusan broadcast ?
    mohon petunjuk ny ^.^

  86. permisi teteh, teteh angkatan keberapa broadcast unpad? saya juga sekarang kuliah di broadcast unpad baru mau masuk semester 5, insyallah di awal tahun 2012 saya pkl teh. nah kalo mau pkl di stasiun televisi itu susah yah teh? caranya gmn teh?mohon bimbinganya. makasih

  87. arief kurniawan berkata:

    hai mbak maaf mengganggu. saya sudah baca blog mbak tentang kuliah jurusan jurnalistik sungguh saya semakin terkesan dengan kegiatan jurnalistik.sekarang saya lagi jalan kelas tiga di salah satu sma di banda aceh mau nanya tes nya untuk masuk kesana sulit nggak mbak(maksud saya bukan model soalnya tapi model ujiannya seperti ujian praktek nya atau hanya sebatas snmptn ?? dan kalau noleh tau kocek yg telah dikeluarkan untuk kuliah disana kira kira brp persemester mbak ?maklum saya dari keluarga yang sederhana.mohon direspon ya mbak !!

  88. Fitri Andani berkata:

    kaaa… tolong ceritaain dong… heheh buat kakak menjadi seorang reporter itu serunya seperti apa?

  89. Fitrie Andanie berkata:

    salam kenal yaa.. ka lydia.. 🙂

  90. Aline Dwi Lestari berkata:

    .aku pengen jadi reporter, aku rasa jurusan broadcasting yang cocok buat aku, selain di unpad di universitas mana lagi yah??

  91. Rouri berkata:

    gk ush kulyh d jurusan broadcasting/jurnalstik? trs
    nnti dpt pendidikanx dr mna ka?
    kalo kea gtu, aku mau kulyh d jurusan sastra aja, tp aku masih bingung ntr kerjax jd apa. bca crta kaka, mngkn ntr aku mw jd jurnalis :9 ehehe
    jawab ya ka pertanyaan aku 🙂
    makasih

  92. Rouri berkata:

    gk ush kulyh d fikom?
    trs nnti dpt pndidikanx dr mna ka?

  93. rosi berkata:

    MBAk aq juga mau kuliah kayak mbak…………
    tolong minta infonya ya mbak…..
    pengen jadi reporter ataw apapun yang berhubungan dengan dunia penyiaran terutama media elektronik (pertelevisian) mbak..
    thanks before 😀

  94. ela berkata:

    .kha” pngeeeeeeen bnget iiiichhh ke jurusan broadcast bisa krja di belkang layar kan

    …ky.na asyyyiiik g2 untuk alat2 kuliahnya pa ajj

  95. qak q mau nanya klo masuk jurusan broatcast tu syarat na pa aja?
    harus bisa pa aja?
    kmampuan bhs.inggris masuk gak?

  96. Ramdan berkata:

    Ass, saya ramdan 21 thn. Mw tanya, selain unpad, tempat kuliah jur. Brodcast dan komunikasi d bandung dmana lagi yah,? Tpi yg ada kelas karyawan nya. Thanx, tolong d jawab ya.

  97. Henni berkata:

    kakkkk confirm fb kuu yaaa,,
    pengen tau lbh bnyk ttg broadcast 😀
    Makasihhh 😀

  98. ncaa_ berkata:

    kakak.. aku fikom unpad broadcast 2009 lho.. :))
    sekarang dah smster V, doain ya smoga bisa lancar2 aja kuliahnya smpe lulus..
    hehe
    btw kakak krja dimana skarang??
    nice blog lho ini.. :))

  99. rani sismiana berkata:

    aduh ka , aku pengen banget nget nget nget masuk jurusan broadcast !
    tapi baca pengalaman kaka aja aku udah degdegan sendiri hha , gimana ntar kalo aku yg ngerasain yah ? :@
    broadcast & jurnalist beda yaa ? stau aku sama aja . hhe .
    kalo beda , yg bikin beda itu apa ?
    buat test masuk fikom unpad susah ga sih ka ?
    apa aja sih yg di test’in ?
    tolong jawab yaa ka’ , biar aku ada gambaran . hm 🙂

  100. Hikma berkata:

    Kaka
    pengen juga dong kuliah d situ
    d mana sih???

    Hub aja
    085314860666

    d tunggu infonya
    makasih

  101. fafa berkata:

    mau tanya, di unpad ada jurusan broadcas ya?? kok aku liat di webnya gak ada??

  102. fafa berkata:

    kak, kasih tau aku lebih tentang broadcast di unpad dong ,, ke emailku yaa
    pliiisss

  103. Nano berkata:

    mbak bisa kirimin saya kurikulumnya mbak….? mulai dari semester awal hingga akhir. Thanks

  104. yudha suyudana berkata:

    kalau didaerah RIAU ad g jrusan broadcast,, kalau ad d Pergruan Tinggi mana,,,???
    q udh krja d slah satu stasion TV pmerintah,, q pngen mndalami ilmu broadcast……..

  105. titi berkata:

    apakah orang yang mau belajar broadcasting harus punya keahlian dalam berbicara? kalo orangnya pemalu gimana? dijawab yah kak 🙂

  106. Roland Rahardja berkata:

    ksh tau dong mata kuliah broadcast tuh kaya gmn? enak ga si?
    cos pgn kuliah ambil jurusan broadcast ni.
    tolong ya pencerahan nya n klo bs confrim fb saya! saya pgn bgd tau tentang broadcast 🙂
    TQ

  107. angger pamungkas berkata:

    ka saya angger 17 tahun.
    lulusan jurnalistik perkerjaan terjamin kaga ka ?
    tolong di bales ya ka 🙂
    bales di facebook aja ka.
    alamatnya : pamungkasangger@ymail.com

  108. lia melinda berkata:

    pengen banget ngambil jurusan broadcast , tapi bingung mau ngejelasin ke mama’nya kaya gimana …
    mama selalu berpikiran jurusan broadcast nantinya bakaln jadi kaya wartawan .
    oalah , gimana ya caranya kasih penjelasan ke mama …
    biar mam ngedukung saya , bukan malah ragu-ragu kaya gitu …
    huhuhuhu

  109. Dita amelia berkata:

    hai kak, saya mau tanya banyak nih tentang jurusan boradcasting , kaka punya ym atau pin bb ?

  110. sena berkata:

    hallo,sy mau tanya tanya nih.. broadcasting itu sangat memerlukan bahasa inggris kah? apa saat TA ada bhs inggris? apa saja matakuliah broadcasting ini?apa d3 bisa langsung kerja (tentu dgn ipk yg baik))? tolong di jawab. trimakasih

  111. Primetimewriters berkata:

    permisi.. salam kenal dari kami. kami ingin menyampaikan informasi lowongan pekerjaan untuk menjadi staff dan penulis skenario juga film bagi para alumnus yang berminta berkarir di dunia broadcasting dan juga penulisan skenario. Terimakasih untuk penyebaran informasinya.

    TIM KREATIF

    Tim Kreatif Penulisan Skenario Sinetron Televisi dan Film Layar Lebar. Dengan karya Stripping Primetime. Tayang di RCTI/SCTV/INDOSIAR/TRAN TV/ MNC TV. Mencari seorang Assisten Penulis untuk bergabung dalam tim kami.

    Dengan syarat Sebagai berikut :

    Pendidikan : S1 Sastra Indonesia / Komunikasi / Broadcasting IP min 3,0.

    Tertarik pada penulisan cerita/skenario TV dan Film. Mempunyai kemampuan menulis yang baik. Pernah menulis Karya Sastra / Cerpen/Cerber/ Cerbung/ Essay/ Novel yang diterbitkan penerbit terkemuka. Diutamakan Lulusan Daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Perempuan / Laki-laki usia max 25 Tahun. Tinggal / Domisili di DI Yogyakarta dan sekitarnya. Beragama Islam. Berakhlak baik dan niat kerja. Siap kerja dalam deadline waktu. Siap bekerja sesuai target dan SOP Perusahaan. Mampu bekerja dalam tim. Dan bersedia tinggal di Mess.

    TUNJANGAN : Gaji Pokok, Uang makan, Insentif, Fasilitas Tempat Tinggal, Asuransi Kesehatan.

    Tenggat waktu : Hingga 7 Januari 2012

    Kirim lamaran, CV & Portofolio karya ke : primetimewriters@yahoo.co.id

    CP : (+62) 856 9106 0703
    (+62) 21 9997 1906

    NB : Hanya yang memenuhi syarat yang akan ditindaklanjuti

  112. hanifah muryani berkata:

    wahhh nyenengin banget yah kak
    kak aku minat banget nglanjutin broadcasting dan jurnalistik
    untuk sistem pendaftaran d unpad fak broadcasting dan jurnalistik apa aja yah ? m0h0n penjelasan , bales lewat email aja ya kak , makash

  113. ruly berkata:

    mba ak mu tnya doNg emang br0adcast ama jurnalis bda yah , trus mba ak khan taun ini lulus rncna pngn msuk jrusan it , tpi ak skola d smk bsa msuk jrusan broadcast atau jurnalis . . .

  114. ruly berkata:

    mba ak mu tnya doNg emang br0adcast ama jurnalis bda yah , trus mba ak khan taun ini lulus rncna pngn msuk jrusan it , tpi ak skola d smk bsa msuk jrusan broadcast atau jurnalis bisa. . .

    makasih ,

  115. bryan berkata:

    tulungin saya dong,aya mau magang smstr depan.punya chanenl ga mb?Tulungb 😦

  116. hay x2 q silki anx lahat q pengn banget jadi seorag wartawan/jurnalistik xayax x2 d mna y universitas yg ada jurusan jurnalistik
    hub aja xe no ini y x2 buat infonya 087813059219

  117. hay x2 q silki anx lahat tahun in q xan baxal tamat jadi q binggung mau xemana padahal q pengen banget jadaseorang wartawan d mnaya ya x2 ub aja q d no ini 087813059219

  118. letta berkata:

    ka (sok akrab bgt sih hehe ) aku juga mau masuk unpad broadcast.. tp emng cuma smpe D3?? gag smpe S1?? klo smpe D3 kan syang ka..

  119. dian berkata:

    permisi kak ,,wah blog kaka bgus yah ,,kaka slah satu siswi di FIKOM bagian broadcasting du UNPAD yah ?? waahhh keren bgt kak ,,impian sya mau masuk sana tuh kak tpi kyaknya susah bgt -____-‘,,kk boleh ga sya tnya2 tntng FIKOM UNPAD kak ?? sya butuj informasi di sna kak 😀

  120. kak,,,,, hehehe,,,
    aq mau msuk broadcas jg nih,, p aq liat d unpad yg d ilmu komunikasinya cma ada jurnalistik na doank,,,,
    trs gmna cara dftar kjurusan broadcash na k2??
    ksih tw infrmsina y k2..
    alna pgen bget ne,,

    hiooohhoohhoo…
    slam kenal,, “ayu”

  121. Lidya feby berkata:

    Aq minta pendapat nihh… Aq skrg kls 2smk jurusan multimedia,aq pengen bgt nihh nnt kerja d slah stu stasiun tv d Indonesia.. Tp utk mencapai k stu gmn cra x yaa..

  122. Jimmy berkata:

    menarik:) mau nanya nih kak,
    kalau mau ngambil jurusan Jurnalistik di unpad biayanya mahal gak?
    terus beasiswa apa aja yang bisa didapat?

  123. OUP ROUF berkata:

    Kak ,,, sbnrnya aq tertarik ma broadcast, but low mau kuliah ga ada dana kali ya,, bsa g dpt beasiswa,, d skul q unpad itu da program bidik misinya,,,
    mahon bantuannya,,

  124. liesta berkata:

    saya mau tanya , saya mau kuliah di ilmu komunikasi , kalau mau ambil broadcash itu kalau udah penjurusan di semester berapa ? kalau misal mau jadi presenter di tv gitu ambilnya apa yah ? makasih.

  125. dianluffi berkata:

    kak di FIKOM unpad broadkasting harus dari lulusan IPS sma yah ?? nanti pas mau ikutan jalur UNMPTNnya kalo dari IPA SMA bsa ga ???

  126. wahyuningsih berkata:

    q tertarik bgttz ma brodcast….q bth info bnyak tentang brodcast..q tunggu kebaikan kaka wat ngsh info ma q almt e-mail q..

  127. fafa berkata:

    bedanya jurnalistik sama penyiaran apa kak?? enakan yang mana??

  128. Rizka Syahfitri berkata:

    kak.. kren. 🙂 ak ingin bgt jd wartawan.. pokoknya d bidang jurnalistik lah. tapi aku masih bgung hrs gma netuin yg trbaik tu.. hmm ak pgin jdi penulis jg. cmn ak msih bgung. mhon d bntu kk

  129. Rizka Syahfitri berkata:

    hmm 🙂 keren kak.. pingin bgt ak berjiwa sosial sprti wartawann. pkoknya d bidang jurnistik deh. gmna yah kak? ak msih bgung bgt kak. ak hrs nentuin yg trbaik. ak bgung. ksih solusi kak

  130. Vicka berkata:

    kak… aku pingin kuliyh di broadcast gmn cara nya??

  131. RENITA berkata:

    mba, ,
    mau nanya, ,
    menurut mba yang udah brpengalaman, ,
    lebih bagus masuk jurusan broadcasting apah jurnalistik ??
    trs klo mau masuk kuliah jrusan broadcasting perincian biayanya berapa ??
    mkasih sbelumnya, 🙂

  132. isan berkata:

    kak saya mau nanya, prospek kerja untuk jurusan ilmu komunikasi ini kemana aja ya kak?

  133. @nasipaa berkata:

    permisi 🙂
    kak, universitas negeri di jawa kecuali bandung dan jakarta yang ada jurusan broadcastingnya dimana ya kak ?
    makasih.

  134. @nasipaa berkata:

    kak, univ negeri / swasta di jawa yang ada jur broadcast kecuali bandung dan jkt apa ya kak ?
    mohon bantuannya
    trims 🙂

  135. itiiii berkata:

    wahh,,pengalaman ka lidya keren,,sangatt memotivasi saya,,,aku juga dari Broadcast 2009 dan sekarang menjelang TA nih, ka,,dan aku jga klo ada kesempatan ekstensi k fikom unpad ngambil jurnal,,sngatt cinta bgett sma fikom UNPAD dan yg paling berkesan adalah di JAtinangor.. klo ka lidya,,broadcast y angkatan berapa?? salam kenal ka lidya,, Your notes are very motivated me,thanks =))

  136. Erwin berkata:

    Kuliah jurusan BROADCASH itu mempelajari tentang apa???

  137. nadiya ramadhani berkata:

    doain aku ya kak,, aku ingin mlanjutkan kuliah ke Fikom Unpad,,cita2 ku dari dlu ingin nantinya bisa bkerja di slah satu stasiun tlevisi,,kayaknya seru gitu..
    kakak udah lulus..ngomong2 skrg kakak krja dmana?

  138. Sani Kusuma Dewi berkata:

    Kak saya baru SMA kelas 1 . tp, dari SMP kelas 8 saya sudah pengen , suka banget ma jurnalistik, broadcasting khususnya d perfileman kak . tp, ak bingung mau nyalurin minatku. akhirnya d SMA, ada ekskul yang tentang jurnalistik ak ikutin semua.
    Mau tanya , kuliah yang bagus jurusan jurnalistik dan broadcastibg thu d mana ?
    trus mesti harus pinter banget bahasa inggris ya kak ?
    mohon d balas ya kak 🙂
    terima kasih …

  139. wahhh,,,saya jadi tertarik ingin kuliah broadcast adn jurnalis

  140. kiki berkata:

    mau nanya, broadcasting bisa kerja jadi pembaca berita atau bahkan penyiar gak? Cari kerjanya gampang gak? Apa saja ya? Yang bisa di kerjakan?
    Mohon bantuannya.

  141. Salam kenal ka 😉
    rencananya aku mau di lanjutin ke broadcasting unpad, tapi sampai sekarang biaya kuliah nya belum tahu, kira2 berapa ya ka?
    please di bales ya ka lewat email, thanks before 😉

  142. kuntum berkata:

    hay ka lydia aku mau nanya nih sama kakak , apa aja sih skill yang harus dimiliki untuk bisa menjadi seorang jurnalis ??? mohon dibalas ya ka di facebook aku Chairani.kuntum@gmail.com
    makasih kakak :)))

  143. tyno.bt berkata:

    ka’ lydia.
    dah 2 hal yg prlu q tanyakn sama ka”.
    1. pekerjaan ka” pa ckrang?
    2. bagaimna ka” mnjalani pkrjaan trsbut?

  144. ahmad subahani berkata:

    a……
    semoga aku bisa seperti kaka…

  145. Mba maaf aku mau nanya nih .
    kalo Fikom itu di Bandung bukan ?

  146. swary anistri berkata:

    assalamualaikum .
    hai kak . nama aku swary , aku bru kelas 1 SMA dan masih buta bagt ttg dunia kuliah , aku masih belum tau ntar kalo beres SMA mau di lanjut kemana .
    untuk saat ini aku ikut x-cool REDAKSI di sekolah ku .
    dan mulai ada ketertarikan di dalam bidang jurnalis .
    aku pingin bisa kerja di stasiun tv , apa harus kuliah di FIKOM ya ?
    trus knp kakak cuma ngambil D3 (broadcast) ? knp ga lgsg S1 aja kak ?

    makasih . mohon di balas ya kak .
    wassalamualaikum 🙂

  147. Prayogi Januardi berkata:

    mau tanya nih,,teteh..
    klu saya kan pengennya jurnalistik, itu perlu modal apa aja gak? kayak kamera atau Video Recorder..
    soalnya saya masih galau mau masuk jur. mana,, ad pr, mankom, jurnalistik, tapi saya lebih pengen ke jurnalistik nya gitu..

  148. Rifa berkata:

    Saya ingin jadi penulis, kuliah di jurnalistik tu cocok gak ya?

  149. dhewi berkata:

    ka.. aku pengen masuk unpad ambil FIKOM tp mau langsung S1.. benran kah ka biaya buat gedung aja udah ampa 47 an juta.. bales ya kak..

  150. DevitaDamayanti berkata:

    kak, aku kan sebentar lagi lulus tapi jurusan perhotelan dan rencana nya sih mau kuliah ngambil jurusan broadcast juga, tapi bingung dimana, oh iya kira-kira biaya kuliah di unpad gimana ka ?
    aku pengen banget jadi tim creative di transtv ataupun jadi reporter. sebaiknya gimana ya ka ? kalo boleh aku mau minta saran nya dong 🙂 di bales ya ka 🙂 terimakasih 🙂

  151. hanny suwindary berkata:

    ka,aku masih 1 tahun lagi lulus SMA , aku mau banget kuliah jurusan broadcasting. tapi aku sama sekali nggak ada besik apa-apa tentang broadcast. apa mungkin iya ka aku bisa masuk ?? aku mau banget jadi kameramen yang handal ka 🙂
    bles coment aku iya ka
    ke alamat facebook aku aja hanny.suwindary@yahoo.com

  152. Indah Wulan Safitrhy berkata:

    mbak , kakak , dan semua nya ..
    Mau tanya , kuliah yang bagus jurusan jurnalistik dan broadcasting tu d mana ?
    mesti pinter bahasa apa aja ?
    pliis banget , dijawab yaa ..
    udh mau mendekati ke pendaftaran diuniversitas 😦

  153. ainiaini nunce berkata:

    kakak,, aku mau nanya boleh,,
    dan klau blh ku mnta o hp ka2 biar aku bsa shared,, aku baru ngambill juriusan fikom di mercu ngambill jurusan broadcasting ka,, nah dr broadcasting tuh ga hanya jurnalist dja or gmn..!!!

  154. Albar berkata:

    Pengen bnget jdi presenter+jurnalist

  155. sonia berkata:

    kak aku mau nanya dong , kalo bedanya jurusan broadcast sama Public relation itu keliatan bedanya dari apanya? nanti kalo lulus broadcast bisa jadi presenter juga?

  156. sonia berkata:

    oia minta balesannya ya kak 😀 sebelumnya terimakasih 🙂

  157. Rainhard Eloie berkata:

    haii 😀 .. kalo dari d3 broadcast ngambil s1 fikom bisa gak ya ? 😀 .. hehe 😀 ..

  158. wawan setiawan berkata:

    ada kelas karyawan ga?

  159. adi (bagool) berkata:

    good luck ya 🙂
    boleh tau gag, selain di UNPAD dimana lagi si universitas yang ada broadcastnya
    kasih tau ya. trima kasih 😀

  160. Santi Azimuth berkata:

    hatur nuhun teh untuk info’na sangat bermanfaat.. n_n

  161. Adung Part Dua berkata:

    ka mau tanya??
    broadcasting yang bagus dimna ya tapi wilayah jakarta…

    temah kasih

  162. dheta berkata:

    teh, kalo jurnalistik sama photo jurnalistik apa yah bedanya ? terus yang bagus yang mana yah

  163. adin berkata:

    ka aku sering ikut om atau bapak foto acara seminar ,, dan yang bagus aku ngambil bagian apa kalo di broadcasting

  164. eka berkata:

    hey ka boleh tanya, kalo masuk fikom itu pelajaran apa sih yg harus unggul?:) thx yah ka

  165. ucup berkata:

    mikum.. . . ,kak saya lu2san SMK T.AV,tinggl di solo trus pengen kuliah di jurusan broadcasting,tolong infoNYA kak ?

  166. mayangdian berkata:

    aq jurusan akun dkampus vi aq pgn bgt jd broadcasting kira2 lw bkn jrusany biisa gg yah?

  167. aldy berkata:

    angkatan berapa teh ? saya angkatan 2011 broadcast, salam kenal teh 🙂

  168. ode berkata:

    Saya sekarang di RCTI, dan kebetulan di divisi HRD, 18 Juni akan buka recruitment untuk di RCTI
    akan diadakan di UNPAR..bagi yg berminat silahkan saja ya

  169. okky berkata:

    kak saya mau masuk kuliah di jurusan broadcast, yg bagus dimana ?
    mercubuana gimana kak ?

  170. sarah berkata:

    hai kak , wah peminat di dunia jurnalistik dan broadcast sangat banyak ya kak , nggak terkecuali saya juga nih :p
    mau tanya aja , kalo peminatnya aja segudang gini , giamna sama peluang kerjanya nanti kak ? apa juga segudang ? thank’s 😀

  171. Agustin berkata:

    Waaaahhhh hebatttt jdi pngen bnget kya kakak ini xD
    itu kuliahnya kakak dimana? tolong di jawab ya? 🙂 terimakasih

  172. dina berkata:

    halo , ka mau tanya kalo kuliah di FIKOM UNPAD bisa langsung ke S-1 jurnalistik ga? atau harus ngambil broadcast D3?kalo dari periklanan ke S-1 jurnal juga bisa? makasih ya

  173. yeahhh broadcasting maju terus,.

  174. INTI College Indonesia

    INTI College Indonesia is the pioneer of internationalized private higher learning institution in the country. Through a range of practical and innovative courses, INTI College Indonesia has carved out a reputation as a respected institution that offers International transfer program since 2001.

    INTI College Indonesia always aims at producing graduates with solid employability factors, as the institution realizes that the increasingly competitive job market requires a grasp of real industry setting, a winning edge and an overall solid employability factor.

    INTI College Indonesia is a subsidiary of INTI Education Group, higher learning institution with commendable reputation and extensive experiences in the education industry. INTI College Indonesia is also a member of Laureate International University Network, which is the world’s largest education network with over 50 universities in 29 countries.

    Being a part of INTI College Indonesia means pursuing a world-class education for a Global Career.

    OUR PROGRAMS

    Many courses at INTI College Indonesia are problem-based learning, and as such, dynamic interaction in the classroom is bound to happen.
    INTI College Indonesia offers two programs:
     International Transfer Program
    o University Foundation
    o Business studies program that recognized internationally
     School of Informatics
    o National degree with international certification

    INTI School of Informatics [ISI]

    STMIK INTI Indonesia is a higher learning institution founded in 2006 by Yayasan Inti Prima Bangsa, a foundation under which INTI College Indonesia exists. INTI School of Informatics offers national structured degree courses in Information Technology well-rounded with international certification and modern classroom setting.
    The course at INTI aimed at training students to be adept at problem solving and analytical thinking, while at the same time to be excellent at technical and business knowledge.

    ISI Undergraduate program
    Sarjana Komputer [Mobile Application Technology]
    Sarjana Sistem Informasi [Business System Management]
    With International certification from City & Guilds,Sun Microsystem,Cambridge University Press.
    http://www.inti.ac.id

  175. mauludi rismoyo berkata:

    kak, saya mau nanya nih. kalo kuliahnya D3 Broadcasting trus lanjut kuliahnya ambil S1 Ilmu Perpustakaan bisa ga ya?! kalo bisa, prospek kerjanya gimana ya?

  176. mau tanya , kalau kuliah jurusan BROADCAST dijakarta ada ngga ? selain di UNPAD ? mkasih

  177. odilia nakiaya berkata:

    kak saya ingin menjadi kameramen!,,,,,apa bsa ych skull di sna? n’ brapa sich harga utk msuk kuliah jurnalistik dan broadcasting???,,,,,,,n prtanyaan yg terahkir kyk kk sani emnanx hrs ych kak kta pintar bahasa inggris untuk msuk dhe situ….:D thanks ych kak
    by_odilia(papua)

  178. lily berkata:

    kak boleh gak kalo kita ngambil D3 dan S1 nya beda jurusan?

  179. Fathin Najkhi berkata:

    kak, aq bru msk SMA & wajib ikut ekskul,, aq pngen jd jurnalis,, tp aq lht broadcasting jg menarik…
    lbh baik, aq ikut ekskul apa ya? jurnalistik atau broadcasting?

  180. Oka kaloka berkata:

    Dan akhirnya saya tembus snmptn fikom unpad .. Bersyukur sekali ada senior yang bs menjelaskan tentang fikom unpad … Terimakasih terimakasih

  181. nita berkata:

    kak jdi jurnalis tu susah ga’ sih
    pasti hrus bsa b.inggris ya

  182. amimus berkata:

    sy bru msuk d3 broadcast mau nanya kalo misal uda lulus mau lanjutin s1 beda universitas bisa ga dan itu biasanya di tempuh berapa tahun kalo dr d3?

  183. wina berkata:

    hai ka aku baru kelas 2 SMA dari SMP udah tertarik banget sama berita berita gitu cita cita aku pengen banget jadi pembaca berita atau presenter nah kuliahnya itu ambil jurusan broadcast atau jurnalis ya ka kalo jadi pembaca berita atau presenter?
    dijawab ya kaka 🙂

  184. DHYTA SOSHIOLOGY YOONADDICT berkata:

    Tahun ini aq ktrima di uns jurusan boradcasting… hwaa.. smoga bisa kyk mbk lydia.hehe

  185. ditta berkata:

    kalo jurusan fikom harus pinter ngomong yah kak?

  186. deni andriyanto berkata:

    aku cuma lulusan SMA, kuliah gak tamat tapi pernah aktif di persma. kira2 ada yang bisa carikan lowongan gak ya ?

  187. wayan berkata:

    kak, kalo pengen ngambil jurusan broadcast dan jurnalis pas kuliah, disaat SMA mesti ngambil IPA atau IPS ya? mumpung masih kelas 1 SMA nih .. 😀 pengen ke FIKOM UNPAD juga .. thanks before

  188. Afifah berkata:

    aku anak SMK jurusan TKJ.kalu gitu bisa gx ngambil jurusan komunikasi.soalnya aku tertarik baget di jurusan broacest dan jurnalistik. IN aku jg lgi cari-cari universitar yang jurusannya itu.memang aku masih SKM kelas 11 tapi pengen tau baget.enak gx sih kuliah jurusan komunikasi.lalu susah gx masuk ke universitas an mengambil jurusan itu.laluitu gampang gx dapet kerjaannya

  189. Alexander berkata:

    kaka kaka yang di atas, lo;iah broadchasting itu berapa tahun ? mohon bantuannya 🙂

  190. Alexander berkata:

    cerita pengalamananya boleh yaa kaa 😉

  191. ka aku mau tanya nih, aku kelas 3SMA sekarang, masih binggung dan bimbang masuk broadcasting. enaknya atau engga enaknya masuk broadcast itu apa sih ka? enaknya masuk kuliah dimana? masih galau to the max nih. kalo mau ngambil broadcast bisa langsung sampe S1 kan ya ka? bales ya ka thankyou

  192. erlyn berkata:

    wah kayaknya seru ya kak,,
    aku dr sma kls 1 udah pngen ke broadcasting,,
    kak aku mau tnya, untuk kerja nya nti lowongan nya susah nggak??
    trs apkh jurusan itu mahasiswanya hrs pinter komputer???
    thx kak,,

  193. Inna berkata:

    Mba, maaf.. kalo broadcast ada yg pake jilbab paten ga mba?
    Terus kalo untuk jd seorang sutradara perfileman itu bagaimana?

  194. hebat… q salut sama pean!

  195. gege grey sandega berkata:

    kak , aku ithu pngen jadi sutradara , apa aku hrus ambil jur broadcast ?

  196. bebby berkata:

    kuliah broadcasting hanya sampai D3 ya kk ??
    🙂

  197. makasih ka buat ceritanya 🙂 awalnya saya juga takut buat masuk broadcast atau pun jurnalistik, kalau nanti saya kerja ujung”nya cuma jadi wartawan. tapi bener kata kaka, kalau kita harus ikutin naluri hati kita ka, yang terpenting jalani dulu hidup ini ka:)

    sekali lagi makasih motivasinya :))

  198. , aq pinginn ikutin jejak kka,, ^^
    tpi aq bngung arus mulai dri mna dluan,, :
    share dong kka,, ^^

  199. nelson madeira berkata:

    ka apa bedanya Broadcasting sama journalist,.???? kalo saya kuliahx di bidang Broadcasting apakah saya akan menjadi journalist???

  200. Erika berkata:

    Saya berminat untuk masuki anak saya kuliah disini, tapi bagaimana saya dapat info lebih mengenai cara2 serta syarat2nya. Makasih.

  201. Lydia Anjelia berkata:

    coba ajaa googling dan cari website masing2 kampus yang buka kelas/jurusan broadcast 🙂

  202. Lydia Anjelia berkata:

    nelson, ngga cuma yang kuliah atau sekolah di broadcast atau jurnalis aja yang bisa jadi wartawan/jurnalis. Dari berbagai disiplin ilmu, kalau kamu minat dan bakat disana, kamu bisa jadi jurnalis 😉

  203. Lydia Anjelia berkata:

    hi widya.. mulai dari minat yang kamu inginkan.. 🙂

  204. Lydia Anjelia berkata:

    saya skrg jadi humas di salah satu rumah sakit. pekerjaannya berhubungan dengan dunia tulisan, berhubungan dengan para jurnalis, dan foto juga.. 🙂

  205. saya ingin tanya dmn alamat kampus jurnalistik

  206. ka saya mu tanya, saya kan masuk smk akuntansi tapi saya mu nglanjutin ke jurusan jurnalistik bisa gx ka?? soalnya saya pengen bngt menjadi reporter…

  207. Syifa Nurhidayah berkata:

    Halo kak lydia! Wah, kayakny ga sia2 ya blajar lama2, kita jdi lbih tau bnyak soal dunia broadcast. Kalo boleh tau kak lydia skarang udah kerja? Dmana kak? Jadi terinspirasi. Di unpad s-1 broadcasting ada kak?

  208. Zahra berkata:

    misi kak mau tanya, kalo fakultas komunikasi itu pas sma ngambil ipa, ips atau bahasa kak? mohon dibantu

  209. ciciliya berkata:

    Kak,saya masih kelas 2 SMA pengen banget masuk jurusan broadcast,pengen jadi reporter rapih,cantik.Dan memang bakat saya ya ngomong di depan umum,tapi kendala saya masih di bahasa, masalahnya kalo jadi reporter kan bahasa inggris nya harus khatam,nah sedangkan ngomong dan ilmu bahasa inggris saya masih cetek banget..
    dan kendala saya juga yah ada di nilai rapor,nah saya mau tanya seandainya saya daftar kuliah jurusan broadcast dengan nilai rapor yang pas pasan bisa menjamin gak sih kak?
    mohon jawabanya ya kak.. 🙂

  210. Ianbojes berkata:

    Om aku pngen bngtt jdi org yg terkait d’media om,yaah kya penyiar radio,wartawan. Penulis.,kira2 universitas yg pas nd biaya’a murah dmn ya om? Jjr aja nh om bwt biaya kuliah sya nyambi smbl kerja krn gk mngkn ngandeli biaya dri ortu yg pas2n…tlng ya om solusi nd langkah2n ya. Aku cm mw dihargai’n aja sm org2 disekeliling aku,klo aku pun mampu menjadi orang…terimakasih sblm’a om udh dngr curhatan aku

  211. ka kuliah di jurusan broadcast memang kebanyakan cuma sampai D3 ya? sekarang saya kls 12 SMK tpi msh ragu buat ngambil jrsn itu. masih terlalu takut dan ragu soalnya bidang jrsn saya skrng jauh banget sama jrsn broadcast. bisa minta pendapat kaka engga?
    makasih sblmnya

  212. mau tanya ni kak, emang broadcast tu paling banyak buat cewek ya? kalo cowok juga bisa kan ya?

  213. Pernita berkata:

    Lagi galau ,eh nemu artikel ini .. jadi tambah minat sama ilmu komunikasi , tapi bingung milih univnya ..

  214. Nadya berkata:

    mbak saya suka bgt sama jurnalistik,tp ortu gak mengijinkan krn nanti susah cari kerjanya. Bener gak sih? 😦

  215. alvian berkata:

    ka mau nanya,aku lulusan tahun ini, masuk unpad tes nya susah ga ya?agak ragu sama tesnya doang ni,trus biayanya mahal ga?

  216. alvian berkata:

    kak mau nanya,kalo jurusan broadcast di unpad tesnya susah ga?trus biayamya gmn?

  217. hera berkata:

    halo ka Lydia Anjelia, ka aku bingung nih ka mau masuk fakultas mana, aku bingung antara milih jurnalistik, hukum (tp aku gak jago apal2an), terus pengen di desaign gitu tapi bingung. menurut kaka gmna, ada saran gak ? makasih ka.

  218. marin berkata:

    mbak, mau tnya biaya kuliah di fikom unpad tuch mahal ga ??????????

  219. kiozpulsa.com berkata:

    belajar di dunia broadcasting seru,punya pengalaman sendiri,pingin mencoba.
    hehe

  220. tyka49 berkata:

    Hmm….sy sementara kuliah di Jursn.Pedd. Bhs. Inggris….kira2 bisa gak yah ambil jurusan broadcast+journalist, hhehehg dari dl pengen masuk sih cuma dl blm tau ada jurusan gitu di universitas =D

  221. wahhh nii jurusan broadcast ada banyak matkul yg berbau matematika nya g? kaya yg gue pikirin kaye ade kalkulus , statistik . dll

  222. dhea ayu berkata:

    kak,mau tanya dong..lagi kelas 3 nih.
    kalo mau jadi pekerja tv,itu apa harus sekolah broadcast?trs d mana aja sih univ yang bagus fak.broadcastnya?
    thx

  223. astiya berkata:

    kak,mau tanya saya mau kuliah jurusan broadcast, di unpad.
    caranya gimana ya???

  224. andhika berkata:

    pepatah megatakan
    bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian

  225. hikayatul Isri berkata:

    Ka Lidya , monggo aku coment yaaaa ..
    aku saat ini sedang ddudk di SMK jurusan komputer , aku pengen banget kak masuk Kuliah yang jurusannya Boadcasting, Broadcasting itu gimana siih kak / susah yaa mempelajarinya di bangu kuliah ??/

  226. pengin kuliah di broadcast juga… tapi gak pinter ngomong sama gak kreatif.. Gimana?

  227. niken berkata:

    klo udh lulus broadcasting.hrus skolah jurnalistik lg ya?

  228. Marchio Ryan berkata:

    bahasanya berbelit-belit

  229. titin afifah berkata:

    kalo pengen kerja d stasiun TV gtu S1 nya ngambil d mna ya mbak,..?

  230. Desy berkata:

    Kalo mau jadi sutradara masuk apa ya? hehe

  231. m.iksan rosad berkata:

    helooo kakak-kakak kampus.sayamau tau unifersitas brokesting tersebar dimana aja,dan apa nama universitasnya, aku berniat buat daftar dan mengambil jurusan brokesting…….?????????????

  232. ragil berkata:

    mbak lydia mau tanya nihh..
    saya mau ambil jurusan broadcasting di BSI..
    trs pas di tnya2, kata mereka hrus punya kamera video, itu tuh yg suka d pke kameraman bwt ngeliput..
    nah jd yg mau saya tanya..
    emg saya harus punya kamera itu ato gimana..?
    trs seberapa pentingnya kamera itu bwt saya..?
    masalahnya kan budget nya trbtas bgt nih..
    sdangkan harga kamera kyak gtu kn puluhan juta..
    please ya jawaban nya mbak..

  233. fitry berkata:

    kalau mau ngambil jurusan seperti diatas , jurusan SMA nya Ipa atau ips ya kak ?

  234. bagas arief berkata:

    aku pengen ngambil jurusan broadcast niih tapi gimana caranya nd dimana tempat kuliah terdekat broadcast dijakarta ka???

  235. ka lydia, saya dari sma IPA, udah butek bgt sama pelajaran itungan atau semacamnya. hehe . entah kkenapa saya sangat tertarik melihat dunia jurnalis/ broadcast. tapi sayangnya bokap aq ngelarang katanya si tidak bersaing , menurut kakak gimana?

  236. rentika christya berkata:

    kak aku pengen ikutin jejak kaka deh.. tapi aku sukanya fotografer, dapet ilmu mendalam gak ya ???

  237. arien berkata:

    kk,,saya mau nanya donk,,saya pengen bgt jadi jurnalis dan mau ngambil fakultas boradcasting nah cuma lgi bingung ni mau kuliah dimn!! bisa kasih saran ga kampus yg bagus dimn??
    makasih sebelum nya 😀

  238. arie berkata:

    Broadcasting di BSI Bagus nggak ya ? 😀
    Minta Saranya dong ?

  239. Riyanto Kasnuri berkata:

    Wow, jurusan yang aku tuju sekarang di salah satu PTS di kota Kembang..

    Tetap semangat..!!!

  240. Kukuh Kurniawan berkata:

    wah, makasih ya rangkuman pengalamannya 😀
    tertarikjuga kuliah di jurusan itu. nambah refeensi juga hehehe

  241. arief berkata:

    ka q pengin banget kerja jd wartawan gmna cara,a??

  242. aaaaaaaaaaras berkata:

    kami pun bingung…

  243. Muhamad Farhan Febrianto berkata:

    mbak mau tanya donk.,
    mata kuliah di broadcasting apa ajaa.,..terus prospek kerja nya bagaimana??

  244. santy berkata:

    Enak gk sih.. kuliah di Broadcasting? pengen dah lulus sklh ngamil kuliah jurusan Broadcasting

  245. Tasya s berkata:

    embak saya minat banget menjadi broadcaster. saya orangnya sedikit agak pemalu, katanya jadi broadcaster harus aktif dan banyak berbicara. apakah saya tetep bisa masuk broaddcasting? apakah embak tau universitas yg bagus untuk jurusan boardcasting di wilayah bandung dan jakarta? saya minta infonya ya mbak. terimakasih:)

  246. ainun berkata:

    aku mau tanya dong,emang kalo kita mau ambil jurusan broadcasting tuh harus cantik dan tinggi yah ka?
    terima kasih 🙂

  247. sevenvold berkata:

    hy,,,nama aku fiden,,aku baru tamat jadi aku bingungmau ngambil jurusan apa.tapi aku sangat teratarik sama jurusan broadcasting ini,,,,,,boleh minbtak infonya gak mengenai jurusan ini

    balasnya ke fb aku aja ya kk…. fiden.ciser@yahoo.com

  248. mei yani berkata:

    ka sekarang saya duduk di bangku 3 smp, ka saya mau bertanya jika saya masuk ke sebuah smk jurusan apa yang sesuai dengan cita cita saya jika cita cita saya menjadi reporter ?

  249. Teti Wenda berkata:

    saya Punya Pengalaman kerja di radio tapi masih belum puas suka mau belajar lebih lagi tantang Broadcats…bagaimana ya..apa ada tempat kursus begitu asikkk juga memperdalam Ilmu ..?

  250. trie mukhlis berkata:

    walau tugas tugasnya berfikir dengan otak dan fisik tapi menyenangkan bs bekerja sama dan bs berbagi pengalaman pengetahuin lainnya terkadang suka gontok gontokan saat produksi… tapi tetep asik,,,,, succes ya buat kaka

  251. Pandu Aji berkata:

    Salam kenal dari mahasiswa d3 broadcasting di Surabaya :D.
    btw ada temen numpang tanya, ada lanjut jenjang ke broadcast atau jurnalis nggak?

  252. tammy mirsyha berkata:

    Berarti kalo kita ingin menjadi jurnalis n lain”y.. Kita meski kuliah dulu donk jurusan broadcast… Hmm lama banget waktunya..?

  253. Salma berkata:

    Hai kak 🙂
    Aku kan sekarang kelas 2 SMK jurusan TKJ nih, nah aku tertarik sama dunia Broadcast dan pengen banget bisa ngelanjutin ke jurusan yg satu ini, tapi… gak dapet restu dari mama aku 😦 karna alasan aku cewe, yg pasti intinya gak ngizinin aku terjun kedunia satu ini huhu 😥
    Aku udah coba ngalihin kemauan aku yg satu ini, tapi ya gimana lagi hati aku udah sereg sama yg namanya dunia broadcast ini, apalagi dari kecil juga aku udah seneng banget sama yg namanya dunia Fotografi 😀
    Aku udah pernah coba buat di tertarik-tertarikin sama yg namanya dunia Rekayasa Perangkat Lunak, TAPI tetep aja hati aku mentok banget pengen masuk jurusan Broadcasting 😦

    terus sekarang aku musti gimanaaa?
    minta solusinya dong 😥

    Makasih kak sebelumnya 🙂 😉

  254. iyna grd berkata:

    kak skarang sya kuliah di UIN Alauddin makassar jurusan ilmu komunikasi,rencana sih tahun depan
    pengen daftr ulang ambil broadcast kira22 univ.Negri yg jrsan broadcast yang pling bgus di mana yah?

  255. Rizchita Putri berkata:

    hai kak, mau tanya nih kuliah broadcating tu dimana ya? di UGM ada nggak, trus itu masuk fakultas apa ya? makasih kak

  256. Rini berkata:

    Keren pengalamannya :D. Pasti banyak peminatnya deh u,u dan kemungkinan diterima sedikit. Padahal pengen ke broadcast

  257. Harini widyastuti berkata:

    ka aku pengen jadi reporter, mata kuliah yang lebih menunjang itu yang mana ya?

  258. Akbar firmansyah berkata:

    waktu gw sma kelas 3 gw masih nanya2 di blog ini massalah kuliah di dunia broadcast(jurnalis). sekarang saya menulis komentar ini sudah menjadi mahasiswa komunikasi UIN JAKARTA, menurut gw jurusan ini asik, ga bikin bete, ga bikin dongkol, team work asik. prospek kerja juga bukan di dunia broadcast aja, luas bgtttt…. kalo ada yg mw msk broadcast uin, cek aja webya http://kpi-fidikom.uinjkt.ac.id/.
    baru kerjasama sama BBC loh :D.

    salam jurnalis…

  259. silvi septian berkata:

    pengen banget bisa masuk mahasiswi di broadcasting 😀 tapi kayaknya saingannya banyak banget. emng yang harus kita unggulin dibidang apa kak nilainya? makasih.

  260. fitri tasya berkata:

    Hy ka
    Aq ini ank SMK
    Yg bntr lg lulus ditahun ini

    Niat saya
    Setelah sy lulus saya ingin tahu apa itu tentang broadcasting ???

    Dan
    Universitas mana yg bagus untuk broadcas

    Makasih 😀

  261. assalamu’alaikum wr.wb
    mbak basic saya sebenernya pemain Teater cuma di Indonesia kan menurut saya Teater belum bisa 100% dijadikan profesi…
    nah terus saya tertarik ke bidang broadcasting, apa bedanya si jurusan Komunikasi, jurnalis, dan, Broadcast??? apa ke-tiga” nya sama aja???
    terus apa bedanya Broadcaster dengan seorang Jurnalis???

    kok saya nyari untuk jadi broadcaster kok ada juga ya yg nyaranin ke Komunikasi??? apa sama aja?

    terus tetangga saya ada yg di (ATKI) tpi ada yg bilang di (ISI) jga bgs, ada juga yg bilang (MMTC/STMM), nah ternyata mba’e UNPAD??? tmbah bingung -_-”, selain UNPAD diantara ke-tiga yg saya tulis mba’e rekomendasi kemana ya??? atau punya rekomendasi sendiri???

    “3tahun di broadcasting 2 tahun di jurnalistik” terus apa bisa disimpulkan bahwa kurikulum broadcast adalah basicnya kurikulum jurnalis???

    terimakasih mbak… (sorry kepanjangan):D

    wassalam

  262. Lailatul Muniroh berkata:

    Kakak dulu SMA atau SMK? Kalau SMA ambil jurusan apa? Dan kalau SMK ambil jurusan apa?

  263. Eli Sulistyorini berkata:

    Kak kalau mau kuliah jurusan broadcasting itu ngambil fakultas, jurusan, dan prodi apa ya kak 😀 aku pingin kuliah broadcast gitu tapi aku gatau apa-apa -_- Share dong kak 🙂

  264. clardevs berkata:

    Tertarikk banget sama jurusan ini =)) (y)

  265. Maaf ya baru respon… kalo di unpad bandung, broadcast masuk ke fakultas ilmu komunikasi.. tp kalo di tempat lain biasaaya masuk di fakultas ilmu sosial politik..

  266. Kaka SMA jurusan IPS 🙂

  267. Hi fajart.. sorry banget saya baru buka blog lagi.. masih butuh jawabannya kah? Udah basi bgt yaa kalo dijawab skrg..hehe.. maaf late respon

  268. Tasya.. maaf nih kk baru buka blog lg… akhirnya km kuliah dmn nih skrg?

  269. Trimss akbarr.. udah berbagi pengalamannyaaa 🙂

  270. Rezkha berkata:

    Kalo D3 nya broadcast, S1 nya hrus jurnalistik? Atau bisa yg lain yg sesama di bidang public relation?

  271. Raka berkata:

    Kak kalau jurusan broadcast lebih penting handycam atau kamera slr? Jawab ya kak soalnya saya maba. Trmksh.

  272. Try nurika dewi berkata:

    Ka lydia aku nurika ingin kuliah broadcast tahun ini. kuliah jurusan broadcast itu emg b.inggisnya harus kuat ya?Katanya juga ujiannya tentang cerita perfilman ya?belum ada masukan pembelajaran apa” tentang dunia di balik layar,tp aku dikit” search tentang broadcast. belum paham gitu deh,dari SMK aku udah tertarik bgt sm jurusan ini. kita mulai dari nol kan belajarnya?

    Tolong masukan nya ya ka. Trimsssss….

  273. Kak, kalo di Unpad lebih banyak belajar teori-teori atau praktiknya?
    Thanks 🙂

  274. M. Rahmat Hidayat berkata:

    wahh .. keren kak muannteb (y) 🙂
    tanya dikit boleh kan kak.. kuliah d jurusan broadcasting prospek kerja nya apa aj sih kak? apa bisa kita kerja di stasiun televisi swasta gitu kak?
    jujur kak sejak kecil saya trtarik ama dunia broadcast, emang sih pengalaman saya belum seberapa.
    tapi mama pengen nya di jalur pendidikan, katanya kalo d jurusan broadcasting prospek kerjanya nggak terjamin.. bener nggak tu kak? tapi saya pengen jadi wartawan ngejer2 berita, gali informasi, apa lagi jadi kameramen yang nyorot jeremy tetti lagi nyiarin berita 🙂 wiiiiiih.. nggak kbayang kak 😀 emang sih pengalaman saya belum seberapa,
    waahh .. malah jadi curhat lagi kak hehee 😉
    sekian dulu deh kak.. woo iya kak, kalo boleh minta email fb kaka 🙂

  275. Isma berkata:

    maaf mas/mbak saya mau tanya nih, saya sekarang kelas 3 SMA dari jurusan IPA, apa bisa dari jurusan IPA masuk ke ilmu komunikasi jurnalistik ? dan apa bisa masuk melalui jalur SNMPTN ?
    mohon jawabannya, terima kasih 🙂

  276. Dimas bagus berkata:

    ka broadcasting itu kaya gimana sih ka? belajar apa aja ka? mau masuk broadcast ka tapi harus ada keahlian khusus gak sih ka?

  277. mooncruth berkata:

    Banyak yah kak yang masuk jurusan ini?

  278. Kiki Agita berkata:

    hi kak. saya baru lihat ada prodi s1 jurnalistik, salah satu prodi baru di unpad dan ada di daftar jurusan yang bisa ditempuh lewat sbmptn. saya tertarik masuk situ, tapi ada yang mengganjal. saya ada baca blog mahasiswa ilmu komunikasi unpad yang mengatakan presentasi jurusan jurnalistik sengaja dibuat ‘sangar’ supaya yang ikut lebih sedikit, karena semakin sedikit, pembelajaran semakin efektif. sedangkan jurusan lain berusaha menggaet mahasiswa sebanyak-banyaknya.
    nah, sekarang, apa yang membuat unpad yakin membuka prodi jurnalistik padahal sebelumnya, di prodi ilmu komunikasi, jurusan jurnalistik diusahakan minim peminat? saya jadi ragu…. bagaimana kalau dosennya tidak kompeten? saya ingin menempatkan jurnalistik di pilihan pertama.. tapi karena itu prodi baru, saya merasa sangat berisiko.. kalo ilmu komunikasi yang dijadikan pilihan pertama, saya takut bosan karena ga langsung terjun ke pelajaran jurnalisme. sarannya kaakk…
    pilihan kedua saya ekonomi pembangunan.. tapi saya masih ragu… yang mana yang didahulukan.. melihat presentasinya, ilmu komunikasi harus dijadikan yang pertama… tapi saya maunya jurnalistik, bukan ilmu komunikasi… tapi jurnalistik itu prodi baru dan beresiko, belum ada akreditasi dan review, masak ditempatkan jadi yang pertama… haaaaa.. sarannya kaakkk..

  279. citrapermatadewi berkata:

    ka aku lagi mau coba ikut seleksi rapot D3 nya nih di Fikom Unpad, kira-kira nilai rapot yang diperluin berapa ya? dan berapa nilai setiap pelajarannya? makasih ka..ditunggu banget jawabannya…

  280. Hai Kiki Agita. Mohon maaf sebelumnya kalau saya telat respon. Bagaimana akhirnya skrg? SBMPTN kemarin berhasil?

  281. Gemi Kusmeinizy berkata:

    aku mau nanya dong kaa, kaka D3 broadcastingnya di unpad trus lanjut ambil S1 jurusan jurnalistiknya di unpad juga? atau gimana? aku kurang ngerti nih kaa. tolong dijelasin lagi yaa soalnya aku mau ambil broadcasting jugaa nih hehehe

  282. fathi berkata:

    sorry kak, kalau persyaratan nya sendiri itu apa ya kak biar bisa lolos daftar di UNPAD brocas? dan untuk brocast memang tidak ada S1nya ya ?

  283. saya sekarang kelas 1sma ,saya ingin jadi broadcast kak… ,,,kira2 masuk y susah gak ya..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s