Jadi Wartawan Magang Harian Pagi Bangka Pos

…..bapos

Pengalaman berharga bagi saya menjadi bagian dari redaksi Harian Pagi Bangka Pos. Selama kurang lebih 2 bulan, saya melakukan praktik kerja di salah satu koran daerah di Provinsi Bangka Belitung.  Harian Pagi Bangka Pos merupakan salah satu surat kabar yang masih tergabung dalam Kompas Group (KG), salah satu grup terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang media komunikasi, baik media cetak maupun media elektronik.

…..Harian Pagi Bangka Pos adalah koran lokal pertama yang hadir di Kepulauan Bangka Belitung di tahun 1999. Bahkan sebelum pemerintah menetapkan Provinsi Babel menjadi Provinsi ke-33, Bangka Pos dengan slogan Yo Kite Punye Provinsi! (Ayo Kita Punya Provinsi) telah hadir di tengah-tengah masyarakat Babel. “Pada saat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) baru terben­tuk, kita belum punya apa-apa, belum ada listrik masuk, belum ada tagihan ataupun belum ada universitas. Yang kita punya hanyalah Bangka Pos” (Hundarni Rani, artikel: Mendidik Masyarakat Babel, 2004 : Lustrum I Bangka Pos & Radio Sonora).

…..Keberadaan surat kabar saat ini memang berada di dalam persaingan yang cukup sulit karena  hadirnya media elektronik dan media online dengan kelebihannya dalam hal kecepatan.  Namun, sebagai surat kabar daerah, Harian Pagi Bangka Pos tetap dibutuhkan masyarakat daerah yang belum tentu dapat dengan mudah menonton televisi ataupun mengakses media internet. Maka dapat dikatakan, surat kabar ini mempunyai tempat tersendiri di tengah-tengah masyarakat daerah.

…..Walau singkat, tapi merupakan pengalaman yang sangat berharga. Begitu banyak proses kerja yang dilakukan dalam sebuah media massa cetak seperti Bangka pos untuk dapat saya ketahui dan pelajari. Saya dituntut untuk bekerja dalam sebuah struktur, saya mendapatkan pengalaman kerja, dan saya dapat menerapkan dan membandingkan teori dan pengetahuan yang telah diterima dalam perkuliahan dengan situasi nyata di lapangan.

Presiden PKS Tifatul Sembirito ng dan rombongan PKS bersama Keluarga Besar BANGKA POS GROUP di News Room seusai berdiskusi terbatas di Ruang Belitung, Kantor Bangka Pos Group, Senin (23/3).

Para wartawan dari berbagai media mewawancarai

DSCI1543

Aktivitas Para Redaktur di News Room Kantor Bangka Pos

Iklan

10 Comments Add yours

  1. Nisa berkata:

    maaf mbak,, saya pengen banget bisa magang di harian gitu,, caranya gimana ya???

  2. Lydia Anjelia berkata:

    sorry yaa responnya lamaa… ohh org bangka ya? kalo mw magang, bisa ajuin surat permohonan aja ke media yang bersangkutan. saya juga dulu spt itu. Kirim aja surat permohonan magang beserta CV-nya. 😉

  3. kikinovzkia berkata:

    mba gmna sih rasanya jadi wartawan???
    mba aku pengen banget loch jadi seorang jurnalis kasih tips-tipsnya dink…

  4. kira-kira sulit dan selektif gak buat calon magang yang mau masuk mbak..?

  5. tyno.bt berkata:

    bnyak bngt pngalaman ka”…
    hebat.

  6. disa aryandi berkata:

    Keren ya mbak bisa gabung di bapos..

  7. Duluu hanya magang kok.. skrg mungkin masih banyak temen2 yg diterima magang jugaa

  8. Hns berkata:

    Kak, dulunya kuliah di universitas apa? Jurusan sama peminatan nya apa kak? Trus juga kuliahnya berapa tahun kak?

  9. Universitas Padjadjaran Bandung, Jurusan jurnalistik. lama kuliah S1 idealnya si 4 tahun. Tapi bisa jadi lebih dari ituu..hehe. Trims Hns sudah berkunjung ke blog saya.

  10. Teuku reynaldi berkata:

    Kak aku rencananya mau magang di bangka pos. Aku jurusan tkj apa bisa kak?dan apa aja pekerjaannnya kak :)😊💨💴💨💱💴

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s