Meninjau Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Provinsi Kalimantan Timur

Setelah sekian lama tidak menulis blog, saya akan memulai menulis dengan cerita perjalanan dinas saya beberapa waktu lalu ke Provinsi Kalimantan Timur. Beberapa lokasi saya kunjungi bersama Tim kunjungan kerja DPR RI Komisi IX dan Tim dari Kementerian Kesehatan, salah satunya meninjau bagaimana pelayanan kesehatan di Provinsi Kalimantan Timur.

Tiba di Bandara Sepinggan, Balikpapan

 

Tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, kami disambut cuaca yang kurang baik. Belum masuk ke Pulau Kalimantan, pesawat mengalami turbulensi dalam beberapa detik. Alhamdulillah pesawat segera stabil dan dengan lancar melanjutkan penerbangan. Beruntung, pesawat kami tetap bisa mendarat di Balikpapan (Menurut informasi, karena keadaan cuaca, pesawat dari Surabaya terpaksa mendarat di Makassar).
Tiba pukul 10.00 WITA, kami disambut jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. Rombongan kemudian bertolak ke Kota Samarinda dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Iring-iringan kendaraan memecah lalulintas Kota Balikpapan yang kebetulan, di beberapa lokasi saat itu juga terjadi banjir.

Tiba di Kota Samarinda, kami langsung mengunjungi Kantor Gubernur Provinsi Kaltim. Sejumlah perangkat daerah hadir dan menerima rombongan. Sayangnya, diskusi tidak dapat berlangsung lama, karena rombongan harus melanjutkan perjalanan untuk meninjau Kantor BPJS Ketenagakerjaan dan Balai Keselamatan Kerja.

Mari kita lihat seperti apa Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Provinsi Kaltim…

Hari kedua, kami dijadwalkan mengunjungi Rumah Sakit A. Wahab Sjahranie (RSAWS) dan RS A.M Parikesit (RSAMP) di Tenggarong Kutai Kartanegara. Di RSAWS, kami disambut dengan ramah oleh Direksi dan jajaran pegawai RS yang saat ini telah ditetapkan melalui Kepmenkes sebagai RS Rujukan Nasional. Seperti apa pengembangannya? Dimulai dengan mengunjungi Instalasi Stroke Center yang telah diresmikan Menteri Kesehatan pada Januari 2016 lalu.

Direktur RSAWS menjelaskan pengembangan RSAWS sejak ditetapkan menjadi RS Rujukan Nasional

Stroke Centre dibangun sepenuhnya menggunakan dana APBD. Memiliki kapasitas 23 tempat tidur, 18 tempat tidur non VIP dan 5 VIP. Stroke Centre ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk pasien pada proses pemulihan pasca stroke antara lain terapi wicara, occupational therapy, fisioterapi, gymnasium, dan kolam renang.  Stroke Centre ini akan memberikan pelayanan secara komprehensif dan berkesinambunhan dengan kolaborasi dokter spesialis dan menjadi pusat layanan pasca stroke yang terlengkap di Kalimantan.

Kolam therapy bagi penderita stroke di Instalasi Stroke Center di RSWAS Samarinda

Saat ini RSAWS sedang mengembangkan radioterapi dan pengembangan pelayanan jantung terpadu. Kedepan akan dibangun gedung 6 lantai yang membutuhkan dana sekitar 185 Milyar. RSAWS juga mengusulkan kepada Kemenkes untuk memenuhi alat-alat seperti PET-SCAN, Kedokteran Nuklir , dll.

Pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS di RSWAS juga telah berjalan, walaupun masih terlihat penumpukam antrian di loket pendaftaran. Direktur mengakui penumpukan antrian masih terjadi akibat volume pasien rujukan yang banyak, karena dirujuk bukan hanya dari kota Samarinda dan Balikpapan, tapi dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan. Tentu saja ini menjadi tantangan RS untuk memperbaiki sistem, agar pelayanan akan semakin baik dan cap sebagai RS Rujukan Nasional pantas disematkan bagi RS yang berdiri di atas lahan seluas 82.000 m2.

Antrian Pasien di Loket Pendaftaran BPJS Kesehatan

Kunjungan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke RS AM Parikesit di Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara. Perjalanan ke Kukar ditempuh dalam waktu 45 menit. Jalanan yang naik turun dan berkelok-kelok mewarnai perjalanan kami. Rombongan disuguhi dengan pemandangan dan gambaran terkait kondisi masyarakat Provinsi Kaltim disepanjang perjalanan kami.

Menuju Kab. Kutai Kartanegara

Tiba di RSAMP Rombongan disambut Direktur dr. Martina Yulianti. Gedung baru yang mulai beroperasi Desember 2015 lalu ini memiliki kapasitas 400 tempat tidur. Ruang perawatan terdiri dari 4 ruang VVIP, 32 ruang VIP, 20 ruang kelas I dengan kapasitas 2 TT, 21 ruang kelas II dengan kapasitas 4 TT, 24 ruang kelas III dengan 8 TT.

Tampak depan gedung RSAMP Tenggarong, Kukar
wp-image-1731526994jpg.jpg
Direktur RSAMP menjelaskan rencana pembangunan RSAMP

Sebagai RS Rujukan Regional, RSAMP saat ini juga terus melakukan penguatan-penguatan dalam pengembangan pelayanan. Salah satunya, melalui penguatan sistem informasi. Sistem informasi di RSAMP ini dirasa telah baik dimana sistem ketersediaan Tempat Tidur (TT) telah berjalan dengan data real time. Diharapkan nantinya RSAMP juga dapat menjadi RS jejaring pendidikan bagi RSAWS dan segera melakukan pemenuhan standar akreditasi KARS 2012.

Demikian sedikit cerita perjalanan saya ke Provinsi Kalimantan Timur. Perlu diakui, fasiltas pelayanan kesehatan di Indonesia belum merata dan semumpuni dua rumah sakit yang baru saja saya kunjungi ini. Namun, tentu saja akan selalu menjadi perhatian pemerintah khususnya Kemenkes. Tapi perlu dukungan dan komitmen daerah juga untuk bisa memanfaatkan anggaran yang diberikan untuk pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan. Jadi, untuk hasil terbaik, tentu saja kita tidak bisa bekerja sendiri.

Thanks to

Sebelum menutup tulisan ini, terima kasih saya ucapkan untuk pihak-pihak yang membantu lancarnya perjalanan kami selama di Provinsi Kaltim. Pertama, untuk teman-teman KKP Balikpapan. Salam kenal dan Sukses buat semua! Kedua, untuk jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim. Terima kasih bapak/ibu atas penerimaan yang baik. Semoga dapat bertemu kembali dilain waktu.

Terakhir, selamat berpisah Provinsi Kaltim. Lain waktu, kami mungkin kembali.

wp-1478335540920.jpg

Lydia Okva Anjelia
“A civil servant for  Ministry of Health who loves photography, and writing”

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s