Reporter Humas Unpad Juara Kompetisi Kementerian Pertanian Kategori Liputan Video

[Unpad.ac.id, 8/12/2011] Reporter Unpad News & Information Center (UNIC) UPT Humas Unpad berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional dalam kompetisi “Adu Kreasi Wartawan & Penulis Muda Pertanian 2011” untuk kategori Liputan Video (umum). Mereka adalah Purnomo Sidik dan Hera Khaerani yang menyabet Juara I dengan liputan berjudul “Harapan Si Madu dari Cilembu”, dan Lydia Okva Anjelia yang menyabet Juara II dengan liputan berjudul “Optimisme Belitung Menuju Kawasan Agropolitan”.

Dalam kompetisi yang digelar oleh Kementerian Pertanian RI ini, mereka mendaftarkan hasil karyanya sesuai tema yang telah ditentukan, yaitu revitalisasi pertanian. Penghargaan bagi para pemenang kompetisi tersebut akan diserahkan di Studio TVRI Jakarta, Kamis (8/12) malam ini.
Sidik dan Lydia yang ditemui disela-sela kesibukannya di Ruang UNIC di Gedung 1 lantai 1 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (8/12) ini menjelaskan tentang karya mereka yang berhasil meraih prestasi tersebut. Menurut Sidik, videonya yang berdurasi sekira 20 menit tersebut menjelaskan tentang bagaimana nama Cilembu berhasil mengangkat kesejahteraan para petani dan penjual ubi baik di Cilembu maupun di luar Cilembu.
“Nama besar ‘Cilembu’ tersebut tidak hanya mengangkat kesejahteraan masyarakat Cilembu, tapi juga para petani dan penjual ubi Cilembu dimana-mana. Apalagi sekarang ubi Cilembu sudah terkenal dimana-mana, bahkan telah diekspor ke Jepang, Malaysia dan lain-lain,” jelasnya.
Untuk liputan itu, Sidik dan Hera menemui petani ubi Cilembu di daerah Tanjungsari, Sumedang. Mereka juga menemui penjual, pembeli bahkan peneliti ubi dari Fakultas Pertanian Unpad, Dr.Sc.agr.Agung Karuniawan, Ir., M.Sc.agr., untuk kepentingan produksi video tersebut. Proses produksi liputan berbentuk feature tersebut menghabiskan waktu 1 minggu lamanya.
Sementara itu, Lydia dalam liputannya yang berbentuk softnews dan berdurasi sekira 12 menit tersebut ingin mengangkat potensi pertanian dan perkebunan di daerah asalnya di Belitung. Untuk memperkaya hasil liputannya, ia juga menemui para petani, pemilik perkebunan, bahkan Bupati Belitung. Pada video tersebut, ia berusaha memaparkan potensi pertanian pangan dan perkebunan khususnya di Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung.
“Di video ini saya ingin menggambarkan bahwa baik pemerintah maupun petani di sana optimis untuk meningkatkan produksi pertanian di Belitung, meskipun banyak orang menganggap wilayah itu kurang cocok untuk pertanian,” jelasnya.
Bagi Sidik, prestasi ini merupakan kali keduanya di ajang serupa. Pada tahun sebelumnya, ia juga pernah menjadi Juara II pada lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian RI tersebut . Sementara bagi Lydia, prestasi ini merupakan kali pertamanya. Dengan keberhasilannya tersebut, baik Sidik, Hera, dan Lydia berharap hal tersebut semakin memotivasinya untuk lebih baik dalam berkarya. *
Laporan oleh: Marlia / eh*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s