Wonderfull Satnight at Unpad

Kota Bandung sore itu diguyur hujan lebat, namun tidak menyurutkan semangat penonton yang selepas magrib terus memadati areal Kampoeng Jazz di Lapangan Parkir Utara Kampus Unpad awal Mei lalu. Beruntung hujan yang sedari sore terus mengguyur kota kembang itu akhirnya berhenti. Kedatangan ribuan penonton tak lain untuk menyaksikan penampilan musisi-musisi Jazz favorite seperti Tompi, Tohpati, Gilang Ramadhan, Glenn Fredly, dan MYMP. Selain itu tampil juga musisi Jazz lokal lainnya seperti Gugun Blues Shelter, Ade-Mondo SORE, Disco Ethnic Percussion, Sekapur Sirih, G/E/T, Suddenly September, dan masih banyak lagi.

Tompi mengawali aksi panggungnya dengan membawakan hits berjudul “Lulu dan Siti” yang langsung membuat histeris para penonton

 

Di atas sebuah panggung megah dan sorotan lampu menawan, Tompi, penyanyi asal Lhokseumawe, Aceh mengawali aksi panggungnya dengan membawakan hits berjudul “Lulu dan Siti” yang langsung membuat histeris para penonton. Penonton dibuat larut dalam hentakan musik yang dibawakan penyanyi bernama lengkap Teuku Adi Fitrian tersebut. Selain itu, pria yang saat itu mengenakan polo shirt pink, blazer dan topi fedora khasnya, juga unjuk kemampuan dengan melakukan scat singing, menirukan suara alat musik disela-sela aksi panggungnya. Improvisasi yang disajikan Tompi itu terus membuat riuh penonton yang bersorak penuh kagum.

Selanjutnya, tampil Gilang Ramadhan, Tohpati, dan Ari Darmawan. Hentakan drum Gilang Ramadhan menyatu dengan permainan gitar Tohpati yang menawan. Ditambah lagi dengan permainan bass Ari Darmawan yang bersama-sama berkolaborasi dan berhasil membius para penonton dengan instrumennya. Uniknya, kolaborasi menakjubkan ini juga menampilkan sebuah lagu berbahasa Flores yang dibawakan Ivan Nestorman.

Kolaborasi menawan Gilang Ramadhan, Tohpati, dan Ari Darmawan

Tidak ketinggalan, Glenn Fredly. Penyanyi asal Ambon diawal penampilannya menyerukan dengan lantang bahwa musik dapat menyatukan perbedaan. Hal yang paling menyentuh, Glen Fredly mengamen dihadapan ribuan penonton. Dengan membawa sebuah kotak besar bertuliskan “Box of Hope”, Glenn menggalakan sebuah aksi sosial dimana nantinya akan disumbangkan ke Waikokak, Sebuah desa di pedalaman NTT yang memiliki penduduk dengan jumlah sepuluh ribu jiwa. Glenn mengatakan bahwa sampai hari ini, masyarakat desa tersebut hidup tanpa listrik dan air bersih dan kondisi kekeringan yang sangat memprihatinkan.

“Musik juga harus ikut serta juga dengan masalah kemanusiaan. Teman-teman, untuk jadi pemusik janganlah kamu berpikir untuk menjadi terkenal, tapi buatlah musik dapat memberikan harapan besar bagi orang-orang di sekitar” kata Glenn dengan penuh semangat.

Glenn Fredly diawal penampilannya menyerukan dengan lantang bahwa musik dapat menyatukan perbedaan

“Kasih Putih” kemudian mengiringi perjalanan sebuah boks yang berpindah secara estafet di atas para penonton. Satu persatu penonton memasukan lembar demi lembar uang kertas, untuk ikut membantu sodara-sodara di luar sana yang kurang beruntung. Moment ini membuat penonton terhenyak haru. Tak lama setelah Glenn menyelesaikan lagu-nya, kemudian hentakan musik kembali melingking penuh semangat. Tak diduga, Tompi kembali naik panggung dan membuat penonton histeris saat kedua musisi jazz tersebut tampil dalam satu panggung.

Juliet Bahala (MYMP) tampil cantik di atas Panggung menyanyikan lagu-lagu hits recycle seperti Especially For You yang pernah dipopulerkan oleh Kylie Minogue feat Jason Donovan

Kampoeng Jazz ditutup dengan penampilan grup band akustik asal Filipina, MYMP (Make Your Mama Proud), kali pertamanya tampil di Indonesia. Lagu-lagu favorit seperti “Especially for You“, “Waiting Vain“, “Where Did My Baby Go”, ditampilkan dengan cantik oleh band dengan personil Juliet Bahala (vokal), Chin Alcantara (gitar), Hannche Bobis (keyboard), Jeff Lima (drum), dan Berns Cuevas (bass).

Lydia Anjelia

Iklan

2 thoughts on “Wonderfull Satnight at Unpad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s