Feature Radio : Kami Bekerja Untuk Sekolah

“Kami Bekerja Untuk Sekolah” adalah sebuah feature radio yang pernah saya dan teman-teman buat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah feature & documentary. Bercerita tentang anak-anak kecil usia sekolah dasar yang berjualan di sekitar kampus UNPAD.

Title : Kami Bekerja Untuk Sekolah (download)
Producer : Lydia Okva Anjelia
Reporter : Tya Eka Yulianti, Nunik Puspitasari, Desriyani
Script writer : Nurbaeti Chaerani, Metty Mei, Merry Wulandari

SCRIPT
______________________________________________________________
Ambience : Suasana Kampus
______________________________________________________________
Lead

Ditengah-tengah kesibukan para mahasiswa di kampus/ disana tampak sisi lain sebuah kehidupan// Kehidupan sekumpulan anak kecil yang berjuang memenuhi kebutuhan hidupnya//
______________________________________________________________
Ambience : Suasana kampus + Anak menawarkan keripik

______________________________________________________________
Script 1

Kaki-kaki kecil berjalan kesana kemari// Bocah lelaki berumur 9 tahun itu berkeliling menawarkan dagangan pada kumpulan mahasiswa yang menyebar di berbagai sudut kampus// Fajar namanya// Sepulang sekolah/ Fajar menjual keripik di kawasan kampus Unpad Jatinangor//

Memang saat itu matahari bersinar terik// Namun bocah kelas 4 SD ini tidak peduli// Dengan ketekunan dan kesabaran/ ia tetap menawarkan bungkusan-bungkusan keripik yang ia gendong dengan keranjang putih besar-nya// Saat sore menjelang/ setidaknya Fajar mampu menjual 30 bungkus keripik//
______________________________________________________________
Sound bite
______________________________________________________________
”Ya kalo pulang sekolah dagang//trus nyuci piring/udah nyuci piring/trus mandi/makan/ terus ngaji”//
______________________________________________________________
Script 2

Sebenarnya kegiatan Fajar setiap harinya tidak jauh berbeda dengan kehidupan anak-anak lainnya// Sekolah/Belajar/Bermain/dan mengaji// Yang berbeda adalah/ sepulang sekolah/ Fajar berdagang// Menabung untuk memenuhi sendiri kebutuhan sekolahnya//
______________________________________________________________
Sound bite
______________________________________________________________
”Nabung buat beli kebutuhan sekolah// Kalo dapet 6 ribu/ jajan seribu/ buat nabung 5 ribu// langsung ke buku tabungin//
______________________________________________________________
Script 3

Terkadang nasib kurang beruntung dialami Fajar saat berdagang// Fajar kini lebih memilih berdagang di Fakultas Ilmu Komunikasi dibandingkan berdagang di fakultas lain// Trauma pernah dirasakan Fajar saat ia kehilangan uang hasil dagangannya//
______________________________________________________________
Sound bite
______________________________________________________________
”Waktu itu ada yang beli/ ”Dek dek kesini!!” ceunah// beli satu// ”minta uang!!”// ngga punya kata saya teh// dipaksa// dikasih 5 ribu// Aku teh pergi weh// trus ada yang beli ”de kenapa de sama aa yang itu?” dipalak// ”ya udah lah jangan dipikirin yang dosa bukan ade/tp aa yang itu//”

Kalo sekarang di fikom aja/kalo dagang yang ke fakultas lain suka ilang uangnya// Waktu itu juga ilang 22ribu di sastra waktu ada yang beli banyak//
______________________________________________________________
Script 4

Fajar yang bercita-cita menjadi TNI ini sehari-harinya adalah anak yang rajin membantu keluarganya// Selain suka membantu mencuci piring dirumahnya/ Anak ke-dua dari empat bersaudara ini juga berharap nantinya bisa membantu ibu-nya berdagang mie ayam//
______________________________________________________________
Ambience : Suasana Anak-anak penjual keripik sedang mengobrol
______________________________________________________________
Script 5

Fajar tidak sendirian// Banyak teman-teman seusianya yang sama-sama menjual keripik di sekitar kampus// Roni / iwan / Dani / Adif / dan masih banyak anak-anak lain yang berjualan keripik dengan alasan yang sama yaitu menabung untuk kelanjutan sekolah//

Adif/ bocah berumur 10 tahun/ yang telah berjualan dari kelas 3 SD mengaku bahwa ia berjualan atas kemauan sendiri// uang yang dihasilkan ditabung untuk nantinya melanjutkan sekolah// Adif berjualan besama adik bernama Ali//
______________________________________________________________
Sound bite
______________________________________________________________
“Ya belajar di sekolah// suka maen-maen// maen sepak bola sama jajan// pulangnya naek angkot sama si Ali// ngambil keripik// kalo udah dagang selesai langsung belajar// langsung belajar ya tidur aja//”

Maunya sendiri/ buat uangnya/ buat nabung untuk nanti SMP//
______________________________________________________________
Script 6

Gurunya di sekolah Adif tidak tahu kalau Adif berjualan keripik// Adif merasa malu jika profesinya berjualan keripik diketahui orang apalagi gurunya// Adif mengaku takut ditertawakan// Mama Adif pun awalnya tidak mengetahui Anaknya berjualan keripik// Seiring berjalannya waktu/ Akhirnya Mama Adif mengetahui apa yang dikerjakan anaknya setelah pulang sekolah//
______________________________________________________________
Sound bite
______________________________________________________________
“Dulu mama teh ngga tau// Adif mulai dagang// Adif mulai dagang teh belum bisa nawarin// belum tau ngikutin temen// Udah lama-lama laku banyak// Udah laku banyak mama baru tau// Mama teh ngomong

“Dif ini uang dari mana?”//

“Jualan”//

“jualan apa?”//

“jualan keripik”//

“keripik yang dimana?//”

“Di cincin//”

”o iya oya asal hati hati nanti jalannya liat-liat takut ketabrak”//
______________________________________________________________
Script 7

Walaupun Adif merasa malu berjualan keripik// Adif juga mengaku senang karena dapat meringankan beban orang-tua//
______________________________________________________________
Sound bite
______________________________________________________________
Seneng kalo dagang mah// kan biasanya mah suka maen gtu// maen-maen// Suka minta uang ke mama kan// jadi repot mama teh//Jadi duit sendiri// biar ngga repot ke mama-nya//
______________________________________________________________
Script 8

Anak-anak ini berjualan setiap harinya di lingkungan mahasiswa// Mahasiswa mengaku tidak keberatan dengan keberadaan anak-anak penjual keripik yang berlalu-lalang di kampus mereka menawarkan berbagai jenis dan rasa keripik yang bervariasi// Mereka sangat menyambut baik kehadiran anak-anak ini//
______________________________________________________________
Vox Pop

Yaa menurut saya tentang penjual keripik dikampus ini lumayan ya///soalnya ibaratnya kita juga bisa dapat turut membantu mereka untuk terus hidup// selain itu menambah variant dari jajanan di kampus//

Kalo menurut saya sih ngga pa pa ya// soalnya ngga ngeganggu juga kan// mereka juga disini nyari duit// kita juga butuh cemilan disini//

Ya sebenernya tukang keripik itu tidak mengganggu ya bagi mahasiswa justru menguntungkan bagi orang yang males ke kantin tau apa// Jadi mereka kan mobil// kita bisa beli di tempat lah kalo males ke kantin//

Saya ngeliatnya bagus ya// masih kecil mereka jadi udah mandiri nyari duitnya sendiri/ kalau ditanya ”De sekolah ngga?”// Sekolah ntar siang// Jadi mereka ngga ninggalin sekolahnya tapi juga mandiri bisa nyari duit sendiri//
______________________________________________________________
Closing

Fajar dan Adif hanyalah sebagian kecil dari anak-anak yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan yang masing-masing terdapat dalam diri mereka// Keinginan menabung untuk melanjutkan sekolah/ Keinginan untuk tidak menyusahkan orang tua/ merupakan keinginan yang sangat murni/polos/ dan mulia dari seorang anak kecil// Apapun yang nanti terjadi di kehidupan mereka seterusnya adalah keadaan yang tidak boleh kita abaikan///

____________________________________________________________

Iklan

5 thoughts on “Feature Radio : Kami Bekerja Untuk Sekolah

  1. wow,,lyd bikin blog,,,

    ngga nyangka postingan-postingan awalnya isinya tugas-tugas yg pernah dibikin,,,

    pas liat feature ini,,,tya jadi terkenang-kenang masa kuliah,,,tugas-tugas yang selalu dikerjakan dengan tanpa lelah,,,bersama,,,yup,,,chillters keren!!! wahahaha,,,

    Met ngeblog lyd,,,,

  2. Wahh…saluutee..2wo tumbs up’…
    bwat karya’na..

    benar-benar hasil karya yg dapat membantu dan membimbing saya dalam gambaran feature radio itu seperti apa..

    terima kasih atas share’nya..
    hasil yg bagus mba lydia ,dkk

  3. Sama-sama Robby..
    saya coba berbagi aja, soalnya sayang kalo hasil karya kami ini hanya sampai di meja dosen dan cuma disimpan di tumpukan tugas-tugas kuliah lainnya…
    syukur kalo karya kami ini bisa membantu….
    Makasih juga ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s